Ternyata, Media Sosial Punya Sisi Baik Lho

Wanita ini terlihat kesal akibat membaca komentar pedas.
Sumber :
  • indianexpress

VIVA – Meskipun media sosial berpotensi membuat penggunanya depresi, namun sebuah penelitian baru menemukan mengambil foto setiap hari, lalu mempostingnya di media sosial jusru meningkatkan kesejahteraan pengguna.

Nonton Final Piala Dunia, Baju Via Vallen Bikin Salah Fokus

Penelitian dari Universitas Sheffield dan Lancaster – keduanya dari Inggris – menemukan bukti bahwa membagikan foto di media sosial memiliki keuntungan yang kompleks, termasuk peduli pada diri sendiri, berinteraksi dengan komunitas, dan berpotensi untuk membuat kenangan baru.

"Mengambil foto dan membagikannya secara online memiliki dampak baik dalam sejumlah cara. Mendorong orang untuk melihat secara berbeda dunia sekitar mereka dan menghubungkan mereka dengan orang banyak. Ini akan membuat mereka lebih kreatif," kata peneliti Andrew Cox, dilansir situs Daily Mail, Rabu, 2 Mei 2018.

Sering Pamer Kemesraan di Media Sosial? Ini Dampak Buruknya

media sosial

Selama dua bulan, Cox dan peneliti lainnya merekam foto apa saja yang direkam partisipan, caption yang ditulis, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan pengguna media sosial lainnya.

Bowo Alpenleibe Mengaku Sempat Dicekik Cewek

Ia juga mengambil foto melatih untuk melihat sesuatu yang berbeda dan tidak biasa setiap harinya. Ini menjadi efek positif yang didapatkan pengguna media sosial.

"Ketika ada banyak pembicaraan efek adiktif atau merugikan dari media sosial, penting juga untuk tahu orang juga menggunakannya dengan cara yang pintar untuk meningkatkan kualitas hidup mereka," paparnya.

Cox melanjutkan berinteraksi dengan orang secara online juga membantu pengguna media sosial untuk mengisi 'kekosongan' dari kesendirian dan kesedihan.

"Mereka yang memposting foto setiap hari, selain menjadi kegiatan yang menyenangkan, juga sebagai ajang untuk melihat ke 'belakang.' Artinya, banyak dari mereka yang menggunakan media sosial sebagai pengganti diary," ungkap Cox. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya