Pendiri WhatsApp Lengser, Muncul WhyApp dan WhereApp

Pendiri WhatsApp, Jan Koum
Sumber :
  • Instagram/@biznes_arna

VIVA – Pendiri sekaligus Kepala Eksekutif WhatsApp, Jan Koum, menyatakan mundur dari posisinya. Spekulasi yang berhembus pendiri WhatsApp itu mundur lantaran tidak menemukan kata sepakat dengan manajemen Facebook soal privasi data pengguna WhatsApp dan melemahkan enkripsi pada platform tersebut. Setelah mengumumkan mundur, di Facebook muncul dorongan agar Koum mengembangkan aplikasi lain misalnya WhyApp.

Mau Menyembunyikan Nama Profil di Aplikasi WhatsApp? Ini Caranya

Koum mengaku sejenak akan menepi di luar teknologi dan menikmati hobi dan hidupnya. Sementara menikmati kehidupannya, dia mengaku puas orang-orang tetap memakai WhatsApp. 

Pengumuman mundur Koum itu menarik perhatian pengguna Facebook. Postingan Koum itu dibanjiri ucapan terima kasih dan dukungan bagi pendiri WhatsApp itu untuk melanjutkan karyanya selepas di WhatsApp. 

Pesan Obrolan Bocor, Apakah WhatsApp Masih Aman Digunakan?

Selain ucapan terima kasih dan dukungan, ada pengguna Facebook yang melontarkan ide, agar sekembalinya dari menepi dan menyepi, Koum hadir lagi dengan mengembangkan aplikasi mirip WhatsApp. Pengguna dengan nama akun Amy Lung mengusulkan Koum mengembangkan aplikasi bernama WhyApp. 

"Senang akhirnya Anda punya waktu untuk benar-benar istirahat. Silakan tur ke Asia/Hong Kong to mendapatkan aspirasi untuk tahap selanjutnya. Mungkin WhyApp," tulis Amy Lung. 

WhatsApp Bakal Bisa Dibuka di Lebih dari 2 Perangkat

Koum merespons usulan Amy Lung tersebut dan menyampaikan terima kasih atas usulan tersebut. 

Ada juga pengguna dengan akun Facebook, Virginie Eskenazi mencandai pengumuman Koum tersebut. Dia menuliskan WhereApp.

Keluarnya Koum ini setelah hampir 3,5 tahun pasca WhatsApp diakuisisi oleh Facebook. Hingga saat ini tidak jelas apa yang terjadi sepeninggal Koum. Belum ada sosok yang digadang sebagai penggantinya di WhatsApp. Selain itu posisi Koum di anggota dewan Facebook juga masih belum ada kejelasan. 


(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya