George Melies di Google Doodle, Inspirator Manusia ke Bulan

Google Doodle George Melies.
Sumber :
  • Google Doodle

VIVA – Google Doodle pada Kamis, 3 Mei 2018, menampilkan sosok Georges Melies. Ia adalah seorang sineas Prancis yang telah mengubah dunia perfilman.

Tampilkan Kotak Suara, Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Melies pelopor berbagai teknik film dalam aspek teknis dan naratif di masa awal perfilman, terutama dalam penggunaan efek khusus dan pembuatan beberapa film pertama yang bergenre fiksi ilmiah.

Lahir pada 8 Desember 1861 dan meninggal dunia 21 Januari 1938 – keduanya di Paris, Prancis. Lantas, apa yang membuat Google memberikan penghormatan kepadanya pada 3 Mei.

Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle, Ini Sosoknya

Menurut Google, karena tepat hari ini 106 tahun silam, Melies merilis film berjudul À la Conquête du Pôle atau The Conquest of the Pole, di mana film ini menjadi salah satu maha karyanya.

Google Doodle Celebrates the Heart Surgeon Dr Victor Chang

Dikatakan demikian, karena untuk film ini pula, Melies sampai rela membangun sebuah 'raksasa salju' di dalam studio kaca Montreuil-nya, yang ukuran kepalanya dua meter.

Film tersebut memberikan interpretasi lucu dan magis dari eksplorasi Amundsen yang baru-baru ini terjadi dan para pesaingnya yang malang.

Namun, pembuktian bahwa Melies adalah seorang visioner terjadi 10 tahun sebelum The Conquest of the Pole, dibuat.

Ketika itu, ia membuat film berjudul Le Voyage dans la Lune atau A Trip to the Moon, yaitu ramalan yang indah tentang pendaratan manusia di Bulan.

Film ini menjadi kenyataan karena pada 67 tahun kemudian, tepatnya 1969, Apollo 11 yang membawa Astronaut Neil Armstrong dan Edwin Aldrin berhasil mendarat di Bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya