Penjualan Xiaomi Bikin Keok Samsung dan Apple

Xiaomi Redmi 5 Plus
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lazuardhi Utama Rifki

VIVA – Perusahaan riset pasar, International Data Corporation atau IDC merilis pengiriman smartphone pada kuartal pertama 2018.

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

Menurut data IDC, triwulan pertama tahun ini, total jumlah smartphone yang sudah dikapalkan mencapai 334,3 juta unit smartphone. Jika dibandingkan dengan periode kuartal yang sama tahun sebelumnya, volume pengapalan smartphone mengalami penurunan 2,9 persen. 

Laporan yang dirilis IDC pada 2 Mei 2018 itu menunjukkan, dari sisi pertumbuhan penjualan smartphone tahun ke tahun, Xiaomi ‘juara’ dengan 87,8 persen, mengalahkan Huawei, Samsung, dan Apple. 

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Pertumbuhan penjualan smartphone Huawei menguntit di belakang Xiaomi, namun dengan 13,8 persen. Sedangkan pertumbuhan tahun ke tahun Samsung turun 2,4 persen. Sementara irtu, Apple mengalami pertumbuhan tahun ke tahun 2,8 persen.

Tren minus melanda vendor asal China, Oppo. Pertumbuhan dari tahun ke tahun penjualan Oppo, turun 7,5 persen. 

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Xiaomi memang juara dalam pertumbuhan tahun ke tahun, namun dari sisi volume pengapalan smartphone, Xiaomi berada di urutan keempat. 

Nomro wahid untuk volume pengapalan smartphone kuartal pertama 2018, Samsung (78,2 juta unit), kemudian diikuti Apple (52,2 juta unit), Huawei (39,3 juta unit), Xiaomi (28 juta unit), Oppo (23,9 juta unit) dan vendor lainnya (112,7 juta unit).  

    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya