Hati-hati Pesan Brutal di WhatsApp, Smartphone Bisa Rusak

Aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Pengguna WhatsApp harap berhati-hati dengan pesan yang muncul pada aplikasi mereka. Sebab, belakangan muncul pesan sederhana namun mengerikan, masuk ke akun pengguna WhatsApp.

10 Fitur WhatsApp untuk Pemula

Pesan tersebut memang menarik perhatian namun punya kemampuan brutal, merusak akun sampai perangkat mobile pengguna, begitu pengguna mengklik pesan tersebut.

Pesan yang perlu diwaspadai itu terbilang singkat namun menggoda. Pesan yang muncul yaitu 'this is very interesting...read more', pesan itu disertai dengan emotikon gambar wajah senyum.

Fitur Sepele WhatsApp yang Belum Banyak Orang Tahu

Siapa sangka, pesan yang terbilang sepele itu bisa membuat pengguna apes. Sebab, salah satu pengguna WhatsApp yang mengklik 'read more' mengaku, akun dan smartphone mereka mengalami crash alias rusak. 

"Hati-hati, kadang bukan hanya WhatsApp yang rusak atau macet, seluruh sistem smartphone saya juga rusak dan terpaksa me-restart perangkat," ujar salah satu pengguna WhatsApp dalam pengakuannya di situs forum Reddit dikutip Selasa, 8 Maret 2018.

8 Fitur Rahasia WhatsApp, Kamu Wajib Tahu

Pesan tersebut diduga merupakan celah keamanan (bug) baru yang menyerang sistem Android. Namun pengguna Reddit yang menjadi korban tersebut mengatakan, bug tersebut juga bisa merusak akun WhatsApp di iPhone. 

Ternyata pesan mengasyikkan itu bukan hanya merusak akun WhatsApp. Pesan itu juga bisa membuat akun Instagram dan Reddit rusak. 

Celah keamanan 'this is very interesting...read more' itu juga diduga sama dengan bug lainnya yang bertebaran di akun media sosial. Selain bug ini, ada ajakan di Instagram untuk menekan tombol hitam bulat, begitu pengguna mengklik tombol yang dimaksud, maka akun Instagram akan mengalami crash

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya