Kumbang Dinamai Leonardo DiCaprio, Begini Tampangnya

Grouvellinus leonardodicaprioi
Sumber :
  • www.theguardian.com/Iva Njunji?/Hendrik Freitag

VIVA – Siapa tak kenal dengan nama aktor ganteng Leonardo DiCaprio. Dia dikenal sebagai aktor yang memenangi penghargaan Academy Award.

Begini Penampakan Beruang Hasil Perkawinan Silang Antarspesies

Nah jejak DiCaprio tak berhenti di situ saja. Belum lama ini, nama Leonardo DiCaprio diabadikan menjadi nama spesies baru kumbang air yang ditemukan di Malaysia. Nama lengkap kumbang itu adalah Grouvellinus leonardodicaprioi.

Spesies kumbang itu dinamai Leonardo DiCaprio sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi Leonardo DiCaprio Foundation dalam perjuangannya melestarikan keanekaragaman hayati. 

Geger Penemuan Ular Spesies Baru, Kelaminnya Dua dan Nonjol Keluar

Dikutip dari Mashable, Selasa 8 Mei 2018, kumbang DiCaprio itu ditemukan di sisi air terjun di Pulau Kalimantan wilayah Malaysia. Ilmuwan menemukan kumbang berukuran 3 mm tanpa antena dan kaki depan, dalam ekspedisi yang disokong oleh Ateneo de Manila University Filipina dan organisasi Belnda Taxon Expedition. 

Ekspedisi itu merupakan bagian dari program mempelajari dan mengidentifikasi spesies baru.

Geger Penemuan Tengkorak Kuno Jenis Spesies Manusia Baru

Taxon Expedition menjelaskan, Leonardo DiCaprio Foundation telah menggelontorkan hibah lebih dari US$80 juta sampai membuat proyek berdampak tinggi sejak 2010. 

"Kumbang jenis baru ini mungkin tak akan memenangkan Oscar dengan kharismanya. Tapi dalam konservasi keanekaragaman hayati, tiap mahluk adalah berharga," jelas pendiri dan entomologis Taxon Expedition, Iva Njunjic.

Atas penyematan namanya sebagai spesies baru kumbang, DiCaprio mengubah foto profil spesies kumbang itu di akun Facebooknya. Perubahan foto profilnya itu mendapat reaksi dari penggemarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya