Proyek Palapa Ring Rampung, Kualitas Internet Dijamin Merata

Menkominfo Rudiantara.
Sumber :
  • Twitter/@kemkominfo

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan proyek infrastruktur jaringan serat optik nasional Palapa Ring yang rencananya selesai pada 2019 akan mampu mengkover kualitas jaringan internet di 34 provinsi dan 440 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Cara PTT Pastikan SDM Kawasan Timur Indonesia Siap Hadapi Kemajuan Industri Telko

Menurutnya, jaringan internet tersebut kualitasnya akan sama dengan yang di Pulau Jawa. "Jadi, nanti kalau mau berbisnis tidak ada alasan, 'Ah, ini harus di Jawa, harus di Jakarta.' Karena, dari segi infrastrukturnya akan sama," kata dia di Jakarta, Selasa, 8 Mei 2018.

Ia mengatakan Paket Barat dari proyek yang dimulai sejak 2007 tersebut saat ini sudah rampung 100 persen. Sementara, Paket Tengah dan Timur masing-masing progresnya 77 persen dan 44 persen.

Tol Langit Satria-1 akan Lengkapi Kinerja Palapa Ring

"Semua paket selesai tahun 2019. Tidak ada satu pun kabupaten atau kota di Indonesia yang tidak terhubung jaringan internet kecepatan tinggi," tuturnya. Palapa Ring Paket Barat sudah rampung dan resmi beroperasi pada Maret 2018.

Dua paket lain, dijadwalkan rampung pada Agustus dan Desember 2018. Palapa Ring Paket Tengah membentang kabel sepanjang 2.995 kilometer. Sementara pengerjaan Palapa Ring Paket Timur panjang kabelnya mencapai sekira 6.000 kilometer.

Pesan Mahfud MD ke Pejabat Eselon I Kominfo: Tak Usah Gelisah, Tenang Saja
Sidang kasus korupsi BTS di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta

Jaksa Ungkap Chat Terdakwa Korupsi BTS Singgung Setoran Rp 40 Miliar ke Oknum BPK

Jaksa awalnya menyinggung percakapan dalam grup WhatsApp soal proyek Palapa Ring kepada terdakwa korupsi BTS Irwan, dan setoran ke oknum BPK berinisial AQ

img_title
VIVA.co.id
23 Oktober 2023