Bintang Mati Menuju Tata Surya, Bumi Terancam Kacau Balau

Sistem Tata Surya
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sebuah bintang besar berpotensi mengancam sistem Tata Surya kita. Dua astronomi dari Universitas Madrid, Spanyol, yang meneliti hal tersebut mengonfirmasi bintang yang bernama Gliese 710 sedang dalam perjalanan menuju Tata Surya. Dampak dari kedatangan bintang ini membuat Bumi terancam kacau balau.

Ngeri, Asteroid Besar Meledak di Atas Ibu Kota

Kedatangannya bintang mati ini akan menghilangkan matahari. Sang surya akan hangus lewat awan Oort, cincin yang terdiri dari triliunan objek es yang mengelilingi Tata Surya. Namun, dampaknya kejadian ini bisa mengirimkan sejumlah asteroid dan komet ke Bumi dan planet lainnya. 

"Ini akan memicu hujan komet besar yang akan memengaruhi Tata Surya bagian dalam," kata astronom tersebut dilansir Metro, 9 Mei 2018. 

Planet Ini Punya Ekor Panjang karena Tertiup Angin Matahari

Astronom mengatakan, manusia memiliki waktu sekitar 1,35 juta tahun sampai kedatangan bintang mati ini. Kabar buruknya, astronom mengatakan tidak ada cara untuk mengalihkannya. 

Memang pada penelitian baru, Gliese 710 ini tidak akan mengacaukan sistem Tata Surya seperti misalnya planet akan keluar dari orbitnya dan menuju ke Bumi. Namun, astronom berpandangan, mempertahankan diri dari serangan hujan asteroid yang sangat besar akan menjadi pekerjaan sulit bagi kehidupan manusia. 

Apakah di Luar Angkasa Ada Bau?

"Kejadian ini akan menjadi sangat kacau di masa depan dan untuk sejarah sistem Tata Surya," ujar astronomi Filip Berski dan Piotr Dybcynsk mengatakan pada awal tahun ini.

Lapisan atmosfer yang mengorbit di atas Garis Karman.

Bumi Punya Tameng Langit

Tapi, tahukah kamu, kalau Bumi memiliki tameng langit atau sistem pertahanan yang membuatnya bisa terhindar dari hantaman benda asing dari luar angkasa.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2024