Intip Resort Blockchain Pertama Dunia di Bali

Ranchi Mall Blockchain Alam Puri Museum Resort & Spa di Bali
Sumber :
  • www.medium.com

VIVA – Layaknya Jepang, Bali sangatlah welcome dengan budaya modern, namun tetap mempertahanan kultur yang sudah ada. Karena terbuka dengan budaya modern, Bali juga terbuka terhadap pengembangan teknologi, tidak heran jika banyak pengembang teknologi yang bekerja sambil berlibur di Pulau Dewata.

Blockchain Bikin Transaksi Keuangan Lintas Batas Enggak Ribet

Nah yang menarik di Bali yakni terdapat Ranchi Mall Blockchain Alam Puri-Art Museum, Resort, and Spa. Dikutip dari Medium, Sabtu 12 Mei 2018, ini adalah resort Blockchain pertama di dunia.

Resort ini, menggunakan sistem Blockchain untuk investasi melalui sistem smart contract. Untuk menikmati layanan Ranchi Mall Blockchain Alam Puri, pengguna haruslah berinvestasi terlebih dahulu dalam bentuk mata uang digital di Ranchi Mall Tokens (RMT). Pada RMT ini, nanti pelancong bisa membeli kontrak bersistem Blockchain.

Data Center Ini Ngakunya Paling Hemat Energi se-Jakarta

Pemerintah Indonesia tegas melarang penggunaan mata uang digital, salah satunya Bitcoin sebagai alat pembayaran. Larangan ini dikeluarkan Bank Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menganggap uang tersebut bisa menimbulkan black economy karena tidak jelas asal muasal penerbitnya. Namun pemerintah tidak melarang jika mata uang digital dipakai untuk investasi.

Pintar Investasi Kripto Lewat Wadah Edukasi

Ranchi Mall merancang kontrak Blockchain layaknya investasi properti pada umumnya. Pada Februari lalu, 1 RMT dijual US$980 per token. Nah, dari nilai investasi yang diberikan, 75 persen diklasifikasikan sebagai investasi pada Real Estate Blockchain Contract, dan 25 persen dapat digunakan untuk kebutuhan di luar investasi. 

Jadi jika Anda membeli 1 RMT maka mendapatkan 1 token RMT dapat ditukar untuk 1000 unit Ranchi Mall Real Estate Blockchain Contract. 

Dari nilai 1000 unit tersebut, 250 unit investasi dipakai untuk menginap di resort selama empat malam. Sisanya, 750 unit diinvestasikan di Ranchi Mall Real Estate Blockchain Contract. Investasi itu dipakai untuk mendanai proyek lain resort Blockchain yakni Bitcoin Paradise di Ranchi, India. 

Keunikan lainnya pada resort ini adalah penggunaan istilah yang lumrah digunakan pada dunia mata uang digital. Istilah-istilah tersebut diambil untuk penamaan pada tiap bagian resort, seperti Satoshi Nakamoto Drive, Ethereum Gate, CoinTelegraph.com Serenity, Riple Pool View, Bitcointalk.org, Marc Andresseen Ridi Library, Mezzanine, Ranchi Mall Tokens, Coinhill.com Block Storage, Coindesk, Siraj Coin, dan masih banyak lagi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya