100 BTS 4G Indosat Selimuti Jalur Mudik Semarang

Indosat Ooredoo cek trafik menjelang Bulan Suci Ramadan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Indosat Ooredoo melakukan persiapan mudik tahun ini dengan menyediakan sekitar 100 BTS antara Semarang-Demak-Kudus. Seluruh BTS ini sudah meng-cover jaringan 4G.

Respons Gibran Soal Indosat dan Nvidia Akan Bangun Pusat Pengembangan Kecerdasan Buatan di Solo

Wilayah-wilayah tersebut merupakan perwakilan dari jalur yang biasanya dijadikan tujuan mudik ataupun dilewati saat musim mudik terjadi melalui Jalur Pantura.

"Kita tahu Jawa Tengah sangat strategis dan penting, karena kalau orang mudik lewat jalan darat ke Jawa Timur harus lewat Jawa Tengah. Jadi, ya, sentral kegiatan mudik," kata Head of Regional Central and West Java Indosat Ooredoo, Edi Riyanto, di Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 15 Mei 2018.

Akankah Terjadi Merger Lagi antar Operator Seluler di Indonesia?

Menurutnya, Semarang, Demak, dan Kudus menjadi wilayah pertama yang menggunakan spektrum 2.100 MHz dengan jaringan 4G. Namun Indosat akan merambah wilayah lainnya juga.

Dua Komisaris Indosat Kompak Mengundurkan Diri, Ada Apa?

Tiga wilayah itu, lanjut Edy, dipilih menjadi yang pertama karena trafik saat Lebarannya sangat tinggi karena tiga wilayah ini merupakan tempat tujuan dan jalur mudik, serta wisata.

Sementara itu, Division Head NSAS Optimization Indosat Ooredoo, Yusuf Setiawan menuturkan, secara nasional, terdapat kenaikan trafik penggunaan data internet sebanyak 80 persen saat Lebaran.

Ia mengatakan BTS Mobile juga disiapkan di sepanjang jalur mudik. Namun, Yusuf belum memberikan jumlah pasti BTS mobile yang akan disediakan Indosat saat musim mudik nanti.

Test Drive

Selain itu, Indosat juga menambah pantauan kesiapan tiap elemennya saat lebaran. Selain I-NOC atau Indosat Ooredoo Network Operation Center, mereka juga menambah Command Center.

Indosat command center

"Khusus untuk Lebaran, kita tambah Command Center, dari H-2 sampai H+2 kita akan pantau real-time. Tujuan kita adalah untuk kenyamanan," ujar Yusuf.

Dalam kesempatan yang sama, Indosat Ooredoo melakukan uji jaringan 4G di tiga wilayah Semarang, Demak, dan Kudus. Mereka juga mencoba layanan yang sering digunakan pelanggannya seperti penggunaan video streaming dan video call.

"Yang kita uji ada dua kualitas sinyal dan coverage. Benar enggak 4G itu coverage-nya continue. Selain coverage juga kecepatan akses. Di titik-titik keramaian tertentu juga kita cek. Selain itu juga YouTube dan video call," paparnya.

Dari berbagai tempat di tiga wilayah tersebut, rata-rata kecepatan download mencapai 8,09 Mbps. Indosat mengecek di tiga tempat keramaian di Jawa Tengah.

Pertama, Simpang Lima Semarang yang mendapatkan kecepatan 107,70 Mbps. Kedua, Masjid Agung Demak dengan kecepatan 86,98 Mbps, dan terakhir, Museum Kretek di Kudus mencapai 97,17 Mbps.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya