Bikin YouTube Music, Google Mau Bunuh Spotify

Menonton YouTube sambil bermain gawai (gadget).
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Google akan meluncurkan layanan YouTube Music pada Selasa, 22 Mei mendatang. Google nampaknya ingin 'menyingkirkan' Spotify dari persaingan bisnis situs streaming musik.

7 Rahasia Google

Mengutip situs TechCrunch, Jumat, 18 Mei 2018, sama seperti kebanyakan orang, YouTube bukan lagi media untuk menonton video tetapi juga mendengarkan musik secara gratis.

Sebuah smartphone berada di depan layar proyektor logo Spotify

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Dengan adanya layanan YouTube Music ini maka 'hidup' Google Play Music otomatis segera berakhir. Layanan ini bisa dinikmati pengguna secara premium dengan membayar US$9,99 atau sekitar Rp140 ribu.

Namun jangan khawatir, YouTube Music juga bisa diakses gratis tapi tidak bisa mendapatkan fitur-fitur yang ada dalam premium seperti background listening, mengunduh lagu, dan fitur mencari.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

YouTube Music sebenarnya bagian dari YouTube Red, yaitu layanan streaming video. Tapi, saat ini YouTube Red akan dikenal dengan nama YouTube Premium dengan membayar US$11,99 atau sekitar Rp168 ribu.

Ilustrasi YouTube.

YouTube Music adalah layanan streaming video dan musik secara bersamaan. Diperkirakan, pihak YouTube ingin penggunanya memiliki banyak pilihan saat akan menggunakan platform mereka, baik salah satu dari layanan streaming ataupun kedua-duanya.

Belum diketahui kapan YouTube Music masuk ke Indonesia. Namun, YouTube Music baru bisa dinikmati terbatas, atau beberapa negara saja seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Meksiko, dan Korea Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya