Google Doodle Kenang Penemu Atlas Abraham Ortelius

Google Doodle Abraham Ortelius.
Sumber :
  • Google Doodle

VIVA – Google Doodle mengenang penemu atlas yang legendaris sepanjang masa, Abraham Ortelius, pada Minggu, 20 Mei 2018. Selain dikenal sebagai penemu atlas modern, Ortelius juga merupakan orang pertama yang menemukan pergeseran benua.

Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle, Ini Sosoknya

Salah satu karya terbesar Ortelius adalah Theatrum Orbis Terrarum (Teater Dunia) yang diakui dunia sebagai atlas modern pertama pada hari ini 448 tahun silam.

Ortelius lahir di Antwerp, Belgia pada 20 April 1527. Ia meninggal dunia di kota yang sama pada 28 Juni 1598. Ia tinggal dan dibesarkan oleh pamannya setelah ayah Ortelius meninggal dunia.

Google Doodle Celebrates the Heart Surgeon Dr Victor Chang

Ia bekerja sebagai pembuat peta di tempat asalnya dan hidup dari menjual peta dan buku.

Peta pertamanya dipublikasikan pada 1564. Ortelius melakukan perjalanan ke penjuru Eropa selama hidupnya.

Google Doodle Celebrates Papeda from Eastern Indonesia

Salah satu perjalanannya bersama Kartografer terkenal masa itu, Gerardus Mercator. Tokoh ini juga yang dianggap telah menjadi inspirasi Ortelius menjadi seorang pembuat peta.

Diperbanyak dan terus diperbarui dalam edisi berturut-turut, Theatrum Orbis Terrarum menjadi atlas paling populer pada masanya. Bahkan, edisi terakhir berasal dari 1622 dan memiliki 167 peta.  (mus)

Google Doodle peringati perayaan Pemilu 2024

Tampilkan Kotak Suara, Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Hari ini, Rabu 14 Februari, Google merayakan momen penting dalam sejarah Indonesia yakni Pemilu 2024 dengan menampilkan Google Doodle khusus gambar kotak suara.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024