Deretan Foto Mengagumkan Antariksa Jepretan NASA

Jutaan Bintang hasil jepretan TESS.
Sumber :
  • NASA/MIT/TESS

VIVA – Stasiun luar angkasa milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang diluncurkan bulan lalu, Transiting Exoplanet Survey Satelitte atau TESS, berhasil mengirimkan hasil tes gambar ke Bumi.

Bisa Dihuni Manusia, Ini 10 Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS

Saat ini TESS telah melewati 5.000 mil atau sekitar 8.000 kilometer dari Bulan untuk berada di orbit terakhirnya. Para peneliti NASA menggunakan 4 kamera TESS dengan exposure dua detik.

Gambar tersebut memusatkan pada bagian selatan Rasi Bintang Centaurus dan berhasil memotret lebih dari 200 ribu Bintang, seperti dilansir situs NASA, Senin, 21 Mei 2018.

Stasiun Luar Angkasa AS-Rusia Masuk Dalam Ketegangan Geopolitik

Salah satu planet Trappist-1.

Selain Centaurus, juga terlihat ujung Nebula Coalsack di sudut kanan, serta bagian kiri bawah terdapat Bintang Beta Centauri. 

Sampah China Diburu Amerika

TESS diperkirakan mampu mengambil gambar luar angkasa 400 kali lebih banyak daripada yang diperlihatkan saat ini selama dua tahun pertama masa tugasnya.

Pada Juni mendatang, peneliti NASA berharap gambar berkualitas ilmu pengetahuan yang disebut sebagai "cahaya pertama" akan dirilis. Selain itu, TESS juga diharapkan bisa memulai tugasnya setelah mencapai orbit dan pengujian pada kameranya rampung.

Orbit TESS akan berbentuk elips mengelilingi Bumi. Ini akan membantu memaksimalkan pengambilan gambar dari stasiun luar angkasa tersebut. TESS diluncurkan pada 18 April 2018 dari Pangkalan Angkata Udara Cape Canaveral, Florida, AS.

Permukaan Pluto.

Misi TESS adalah mencari dan menemukan ribuan planet di luar sistem Tata Surya, atau yang dikenal dengan nama Exoplanet.

Tak hanya itu, TESS juga akan mengamati seluruh bagian luar angkasa untuk memantau keadaan Bintang terang yang tiba-tiba meredup karena adanya planet yang lewat di depannya.

Pada 2020, Teleskop Luar Angkasa James Webb akan diluncurkan untuk menindaklanjuti hasil temuan TESS ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya