Kelakuan Pengguna saat Sahur, Trafik Tri Naik 300 Persen

PT Hutchison 3 Indonesia atau Tri merilis trafik terbaru
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Masuk pekan pertama bulan Ramadan 2018, operator telekomunikasi mulai merasakan panen trafik. PT Hutchison 3 Indonesia atau Tri mencatat terdapat kenaikan trafik hingga 300 persen dari saat jam sahur hingga jam 08.00 dibandingkan hari biasanya. Dengan kenaikan trafik tersebut, maka pelanggan Tri betah melek setelah sahur. 

15 Dewan Komisaris Kawal Indosat Ooredoo Hutchison

"Biasanya enggak sahur, ternyata setelah sahur mereka enggak tidur, (nonton) YouTube, streaming," jelas Chief Commercial Officer Tri, Dolly Susanto, di Jakarta, Selasa, 22 Mei 2018. 

Kenaikan trafik itu tercatat dengan streaming video yang dilakukan pelanggan. Dengan 70 persen pelanggan menonton YouTube dan sisanya menikmati aplikasi streaming lainnya. 

5 Hak dan Kewajiban Indosat Ooredoo Hutchison

Dengan kenaikan trafik itu, Tri merasa tepat merilis paket internet yang sesuai dengan kenaikan streaming para pelanggannya. 

"Berdasarkan insight itu, kami memberikan enggak cuma di YouTube, tapi juga di Netflix," ujarnya. 

3 Indonesia Berbenah Jaringan Sinyal

Untuk waktu di luar sahur, Dolly mengungkapkan, punya pola senada, mengalami kenaikan. Namun tidak melonjak seperti sahur, hanya sebesar 15 persen. 

Dolly mengatakan, untuk waktu jam buka puasa, trafik Tri mengalami sedikit penurunan. Dolly tak menyebutkan jumlah penurunan yang dimaksud. Dolly berpandangan dengan pola trafik selama pekan pertama puasa tersebut, maka jam yang biasanya digunakan streaming atau beraktivitas di internet yakni pukul 18.00 ke atas. Waktu sebelum pukul 18.00, digunakan untuk menyiapkan buka puasa hingga Salat Tarawih. 

"Jadi agak sedikit turun. Kami lihat setelah Tarawih biasanya naik lagi," tuturnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya