Terkuak, Rahasia Tarian Michael Jackson Miring 45 Derajat

Tarian 'Antigravitasi' Michael Jackson
Sumber :
  • YouTube/@Michael Jackson

VIVA – Bicara mengenai sains, bukan hanya bicara mengenai perubahan iklim sampai kanker saja. Hal sederhana bisa menjadi kajian sains, seperti pada tarian Michael Jackson. 

Anak Sarah Azhari Berteman Sama Keluarga Michael Jackson hingga Ditaksir Bintang Disney

Tarian superstar pop dunia itu menarik perhatian ilmuwan. Terutama gerakan tarian ‘antigravitasi’ yang ditunjukkan Michael Jackson dalam video klipnya Smooth Criminal. 

Setelah didalami, dikutip dari IFLScience, Rabu 23 Mei 2018, peneliti menemukan sesuatu yang mengejutkan dari tarian 'antigravitasi' Michael Jackson tersebut. 

Ini Daftar Pesohor dalam Berkas Pelaku Kejahatan Seks Jeffrey Epstein, Ada Anggota Kerajaan Inggris

Pada 1987, Jackson pernah membungkuk 45 derajat dengan kaki dan punggung yang lurus dan masih menempel di lantai. Jika Anda melakukan gerakan ini, Anda pasti kehilangan keseimbangan, melukai diri sendiri, serta wajah bisa jatuh terlebih dahulu. 

Menurut makalah yang diterbitkan Journal of Neurosurgery, kebanyakan orang dapat mengatur kemiringan sampai 20 derajat saja. Penari handal maksimal bisa mencapai kemiringan 30 derajat. Lalu bagaimana Michael Jackson bisa melakukan kemiringan yang mencapai 40 derajat tersebut.

Rekaman Studio Perdana Michael Jackson Akan Dirilis dalam Format Digital

Tiga peneliti dari Postgraduate Institute of Medical Education and Research di Chandigarh, India sangat ingin tahu bagaimana sang superstar pop itu melakukannya. Studi ini diberi judul, 'Bagaimana Michael Jackson menantang pemahaman kita tentang biomekanik tulang belakang?'

Untuk meneliti tarian 'antigravitasi' itu, peneliti terlebih dahulu menyimulasi konser Michael Jackson, dan memesan beberapa alas kaki untuk menghasilkan efek yang berbeda. 

Sepatu yang dimaksud bukanlah sepatu layaknya milik penari normal. Meski pun tidak terlalu rahasia, sepatu ini dirancang khusus, terdapat paku atau hitch pada tumit kaki yang menonjol dan menempel ke alas panggung. 

Hal ini, ternyata yang memungkinkan Michael Jackson mengubah pusat keseimbangan dan bersandar dengan aman.

Sepatu desain khusus itulah yang menurut peneliti, memungkinkan tarian antigravitasi pada video klip Smooth Criminal. Namun pada suatu saat Jackson pernah mengalami cedera karena sepatunya, oleh sebab itu sepatunya harus didesain ulang agar lebih aman dan bisa menemani Jackson di berbagai tur dunia. 

Walaupun sepatunya sudah bekerja dengan baik, namun peneliti memberi kredit bagi keterampilan menari Jackson. 

Peneliti menjelaskan, memakai sepatu atau tidak, mencondongkan tubuh ke depan adalah menempatkan beban pada betis, bukan pada tulang belakang. Menjaga keseimbangan badan dengan cara ini bagi kebanyakan orang dapat menyebabkan ketegangan, rasa sakit, bahkan bisa merusak. Belum lagi jika terjadi cedera pada rahang. 

Pemimpin studi tersebut, Manjul Tripathi mengatakan meski tarian antigravitasi Michael Jackson menampilkan decak kagum, tapi gerakan tersebut berisiko menyebabkan cedera muskuloskeletal. 

"The King of Pop bukan hanya menjadi inspirasi, tetapi juga menjadi tantangan dari para kalangan medis," jelas Tripathi.

Jackson dinilai sangat atletis dalam hal ini. Namun dia tetap membutuhkan sepatu itu untuk melawan gravitasi. Peneliti mengatakan, Anda tidak akan bisa mengalahkan Jackson dalam hal ini, kecuali mahir dalam memainkan sihir.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya