Diajak Gugat Facebook, Menkominfo: Saya Pakai Medsos Lain

Menkominfo, Rudiantara
Sumber :
  • Anadolu Ajansi/Eko Siswono Toyudho

VIVA – Executive Director dan Chief of Communication Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi mengajak pengguna Facebook Indonesia, untuk turut menggugat media sosial raksasa tersebut.

Menerapkan Perlindungan Data Pribadi Bukan Tugas yang Mudah

Awal Mei lalu, Heru bersama Kamilov Sagala dari Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Informasi Indonesia (LPPMII) mengajukan gugatan class action kepada Facebook global, Facebook Indonesia, dan Cambridge Analytica, menyusul kasus bocornya data 1,09 juta pengguna Indonesia yang memakai Facebook.

Soal ajakan ikut menggugat Facebook, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara tak berkomentar banyak.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

"Saya enggak punya Facebook. Saya enggak pernah (pakai) Facebook, saya pakai media sosial lain. Ya, silakan saja, kalau mau ikut," tuturnya.

Ia menyatakan, posisi Facebook saat ini menjadi kompleks. Saat ini, platform besutan Mark Zuckerberg itu sedang diselidiki oleh Pemerintah Inggris dan sedangkan mitra Facebook dalam skandal bocornya data pengguna mereka, Cambridge Analytica bernasib sial, mengalami kebangkrutan, usai skandal tersebut merebak. 

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

"Saya bilang sama Facebook, walaupun perusahaannya bangkrut yang mengaudit otoritas Inggris, Facebook enggak boleh lepas tangan dong," kata Rudiantara.

Sidang gugatan terhadap Facebook dan Cambridge Analytica akan diselenggarakan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 21 Agustus 2018. 

Gugatan terhadap Facebook dan Cambridge Analytica didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin 7 Mei 2018. Dalam gugatan tersebut, penggugat menuntut ganti rugi materiil dan immateriil kepada Facebook dan Cambridge Analytica akibat bocornya data pengguna. 

Dalam gugatannya, penggugat menuntut tergugat membayar ganti rugi sebesar Rp21,93 miliar, dengan rincian kerugian akses internet Rp20 ribu dikalikan 1,096 juta pengguna Facebook di Indonesia, yang datanya disalahgunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya