Tangkal 'Hate Speech', Quora Wajibkan Pakai Identitas Asli

Logo Quora.
Sumber :
  • quora.com

VIVA – Aplikasi tanya jawab asal Amerika Serikat, Quora, resmi meluncurkan layanannya dalam Bahasa Indonesia. Sebelumnya, Quora sudah terlebih dahulu tersedia dalam 6 bahasa, yaitu Inggris, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang.

Boasa Simanjuntak Ditangkap karena Sebarkan Ujaran Kebencian di TikTok

Layanan Bahasa Indonesia menjadi versi pertama Quora di Asia Tenggara. Aplikasi Quora menjadi tempat untuk mengajukan pertanyaan dan terhubung dengan orang-orang yang menyumbangkan wawasan unik serta jawaban berkualitas.

Menurut Engineering Manager Quora, Veni Johanna, pihaknya mensyaratkan pengguna untuk memakai identitas asli untuk menghindari hate speech yang tengah marak di dunia maya.

Eks Peneliti BRIN AP Hasanuddin Divonis 1 Tahun Penjara Buntut Ujaran Kebencian ke Muhammadiyah

Selain itu, pengguna juga harus menautkan Quora dengan media sosial lainnya. "Tapi, kalau pengguna ingin menuliskan sesuatu dengan menyembunyikan identitas pun bisa dilakukan melalui fitur anonimitas," kata dia di Jakarta, Rabu, 30 Mei 2018.

Selain menulis konten, pengguna juga bisa dengan bebas mengajukan pertanyaan. Nantinya, ia melanjutkan, Quora akan memberikan pertanyaan kepada pakarnya.

Giliran PDIP Jatim Laporkan Rocky Gerung ke Polda karena Hina Jokowi

Semakin sering pengguna memberikan jawaban, mengikuti topik, serta menjadi follower pengguna lain, main besar pula kemampuan Quora dalam mengelompokkan pengalaman mereka di platform ini.

Veni menambahkan, sejumlah tokoh Indonesia sudah menjadi user Quora, antara lain COO PT Djarum, Victor Rachmat Hartono serta CTO dan Co-founder Traveloka.com, Derianto Kusuma.

"Aplikasi ini sudah tersedia di Play Store maupun App Store. Pengguna juga bisa mendaftar melalui https://id.quora.com," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya