Dokter Palestina Ditembak Sniper Israel, Kartunnya Viral

Kartun ilustrasi penembakan Razan Najjar
Sumber :
  • Instagram/@carloslatuff

VIVA – Relawan paramedis Palestina, Razan Najjar meninggal ditembak militer Israel, akhir pekan lalu. Padahal kala itu, Najjar sedang membantu mengevakuasi dan mengobati korban luka warga sipil Palestina dalam konflik di perbatasan. 

Indonesia Prakarsai Pertemuan Khusus Palestina dengan DK PBB

Parahnya lagi, sniper Israel menembak mati Najjar dari belakang saat dia memberikan bantuan medis kepada warga yang luka. 

Meninggalnya paramedis berusia 21 tahun itu membuat dunia berkabung dan mengecam Israel. Kecaman juga muncul dari karikatur yang dibuat kartunis politik asal Brasil, Carlos Latuff. 

Presiden Palestina Putus Hubungan dengan AS dan Israel

Latuff membuat kartun Najjar ditembak tentara Israel sebagai bentuk perlawanan kepada negeri zionis dan dukungan perlawanan rakyat Palestina. 

"Menargetkan warga sipil dan paramedis di daerah konflik adalah kejahatan perang!" tulisnya di akun Twitter dikutip Senin 4 Juni 2018.

Dubes Palestina: Dulu Saudagar Kami Sering Bantu Indonesia

Kartun perlawanan karya Latuff itu kemudian cepat viral. Kartun tersebut dipakai untuk melawan Israel.

Razan Najjar, relawan medis Palestina ditembak militer Israel

Latuff sudah berkali-kali membuat kartun yang membela rakyat Palestina yang terus digempur oleh serangan militer Israel.

Beberapa waktu lalu, saat Presiden Amerika Serikat mengumumkan Yerusalem sebagai ibu kota AS, Latuff membuat beberapa versi kartun politik yang memprotes langkah Negeri Paman Sam tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya