Siap-siap, Ada Perubahan Besar di iOS 12

WWDC 2018 Apple
Sumber :
  • www.apple.com

VIVA – Apple siap menggelar temu tahunan pengembang sedunia. Worldwide Developer Conference (WWDC) menjadi ajang tahunan bagi Apple untuk memamerkan pembaharuan software mereka meliputi iOS, MacOS dan perangkat pengembang untuk produk hardware mereka. Namun ajang ini pernah juga dijadikan panggung bagi Apple untuk meluncurkan produk hardware misalnya iMac maupun MacBook. 

Terobosan Apple Kenalkan Fitur Baru yang Ramah Disabilitas

Untuk edisi tahun ini yang digelar 4-6 Juni 2018, masih sama dengan ajang yang sebelumnya, diperkirakan akan lebih menonjolkan pembaharuan software dibanding produk hardware Apple.

Salah satu yang menjadi perhatian yakni pembaharuan iOS. Laman Axios sebagaimana dilaporkan The Verge pada Senin 4 Juni 2018 melaporkan, Apple akan menghadirkan iOS 12 dengan fokus pada peningkatan kehandalan dan kinerja. 

Pendapatan Apple Cetak Rekor

Peningkatan ini untuk menjawab masalah yang pernah terselesaikan pada iOS 11 yakni yakni bug yang muncul setelah iklan yang muncul pada iPhone. Tahun lalu, Apple mendapat masukan dan keluhan atas munculnya bug yang sangat mengganggu.

Makanya, dengan iOS 12, Apple akan menebus kesalahan dengan pembaharuan yang memprioritaskan stabilitas, kecepatan, responsivitas atas fitur baru atau desain ulang besar sistem operasi mobile Apple tersebut.

Desas-Desus iPhone 15

Kabar lainnya, iOS 12 akan punya kemampuan untuk memberi tahu kepada pengguna berapa kali menghabiskan waktunya dengan iPhone mereka. 

Pada iOS 12 nantinya, Apple bakal menghadirkan Digital Health pada menu pengaturan. Digital Health ini berisi serangkaian tool yang akan mengunjukkan berapa waktu yang dihabiskan pengguna pada iPhone atau iPad mereka. 

Langkah Apple menghadirkan Digital Health ini mengikuti jejak Google dalam rilis Android P beberapa waktu lalu. Pada pembaharuan sistem operasi itu, Google menghadirkan Dashboard baru yang memungkinkan pengguna bisa dengan mudah mengecek berapa waktu yang dihabiskan mengakses perangkat dan aplikasi tertentu.

iOS 12 juga dikabarkan merupakan pembaharuan besar pertama pada iOS untuk menyesuaikan kehadiran iPhone X. Kemungkinan pengguna akan mendapatkan beberapa fungsi baru yang lebih baik pada iOS 12 untuk menyesuaikan dengan antarmuka gestur pada iPhone X. Kabar itu seakan mengonfirmasi langkah eksekutif Apple pada Januari lalu yang memutuskan untuk mendorong dan menggenjot perubahan besar pada iOS. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya