5 Hal Baru di iOS 12, Ada Mode Melet sampai Don't Disturb

Apple WWDC 2018
Sumber :
  • Reuters/Elijah Nouvelage

VIVA – Apple membawa perubahan besar pada sistem operasi iOS terbaru mereka, iOS 12. Perubahan yang dibawa itu menjawab spekulasi dan rumor yang berkembang sebelum penyelenggaraan temu pengembang Apple Sedunia atau Worldwide Developer Conference (WWDC) 2018 di San Jose, Amerika Serikat, yang dibuka mulai Senin pagi 4 Juni 2018 waktu setempat. 

Sekarang WhatsApp Bisa Putar Video YouTube Sambil Chatting

Seperti yang diperkirakan sebelumnya, Apple akan mengajak dan mengatur pengguna untuk tidak begitu menghabiskan waktu dengan perangkat mobile mereka. Dan rumor tersebut terkonfirmasi dalam panggung WWDC 2018. Berikut deretan pembaharuan pada iOS 12:

Screen Time

Waze Kini Bisa Dipakai di Fitur CarPlay, Ada Syaratnya

Pada iOS 12, Apple menghadirkan fitur Screen Time, yang akan menginformasikan berapa lama pengguna menggunakan perangkat mobile Apple. Pada dashboard Screen Time, akan tampil secara rinci berapa jam waktu yang dihabiskan pengguna untuk mengakses aplikasi per kategori. Screen Time juga menjadi cara yang bagus untuk mengendalikan anak kecil atau anak pengguna menggunakan perangkat Apple. Paling tidak mencegah mereka ketagihan sampai lupa waktu.

5 Langkah Keamanan di iOS 12 yang Harus Kamu Tahu, Begini Caranya

(www.theverge.com)

Do Not Disturb 

Pembaharuan pada iOS 12, Apple merilis Do Not Disturb. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa menjauhkan hiruk pikuk yang ada di iPhone atau iPad. Pengguna tidak akan terganggu dengan banjir notifikasi pesan maupun panggilan yang muncul di iPhone atau iPad mereka. 

Dengan demikian, pengguna bisa fokus menjalankan pertemuan, beribadah, saat sedang tidur, atau ingin menyepi untuk beberapa saat. Menariknya Apple menyediakan pilihan mengaktifkan atau menonaktifkan Do Not Disturb berdasarkan waktu berapa jam, saat pengguna meninggalkan lokasi pertemuan atau sampai pertemuan selesai. 

Notifikasi ringkas

Notifikasi menjadi perhatian Apple dalam iOS 12. Apple menyadari kadang banyaknya notifikasi bisa membuat pengguna tidak nyaman menyaksikannya menumpuk di layar perangkat Apple. Untuk itu pada iOS 12 ini, Apple membuat ringkas tampilan notifikasi, kini tidak muncul satu per satu notifikasi.

Melainkan muncul dalam kategori notifikasi khusus. Saat pengguna mengklik kategori notifikasi itu, maka akan muncul deretan lengkap notifikasinya. Dengan tampilan ringkas ini, Apple ingin mengurangi ketidaknyamanan pengguna yang terinterupsi dengan banjir notifikasi. 

Untuk meringkas dan menghindarkan gangguan dari notifikasi, Apple memberikan beberapa opsi. Pertama, menempatkan notifikasi dari aplikasi spesifik ke Notification Center atau menonaktifkan semua notifikasi. 

Memoji dan Animoji

Apple menghadirkan emoji baru pada iOS 12. Seakan tidak ingin kalah dengan Samsung yang punya AR Emoji, Apple menghadirkan Memoji pada iOS 12. Dengan Memoji, pengguna dengan mudah bisa menciptakan emoji yang sesuai dengan mood dan personalitas pengguna. 

Selain itu iOS 12 juga hadir Animoji. Ada empat Animoji baru yang muncul yang bertema hewan, yakni koala, macan, hantu sampai dinosaurus T.rex. Animoji ini memang hadir dengan sisi ekspresif, jadi Animoji bisa dengan mode menjulurkan lidah alias melet, mengedipkan data dan lainnya. Memoji dan Animoji itu langsung bisa dibagi melalui iMessages dan FaceTime. 

www.theverge.com

Berbagi foto

Pada iOS 12 membuat pengguna lebih asyik dalam berbagi foto. Tombol baru For You memungkinkan pengguna bisa berbagi foto secara dengan lebih pintar bersama orang yang ada dalam foto tersebut. Jika penerima foto telah menggunakan iOS 12, maka akan disarankan untuk membagikan foto mereka. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya