Apple 'Serang' Android dan Facebook di WWDC 2018

Senior Vice President of Software Engineering Apple, Craig Federighi
Sumber :
  • Reuters/Elijah Nouvelage

VIVA – Acara tahunan World Wide Developers Conference (WWDC) 2018 yang dimulai 4 Juni 2018 lalu bukan hanya berisi pengumuman teknologi terbaru mereka. Namun, juga sindiran terhadap beberapa perusahaan lain.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Salah satunya dilakukan Senior Vice President of Software Engineering Apple, Craig Federighi. Ia menyatakan, sekitar 81 persen pengguna Apple sudah menggunakan iOS terakhir mereka yaitu iOS 11. Sedangkan pada Android hanya 6 persen pengguna aktifnya yang sudah memakai sistem operasi terbaru mereka, Android Oreo. 

"Ketika Anda melihat kompetisi, sangat sulit mengatakan mereka (Android) benar memiliki model software terbaru," ujarnya dilansir Cnet, Rabu 6 Juni 2018. 

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Federighi juga menjelaskan, salah satu fungsi iOS 12 mereka yaitu membantu membatasi penggunaan berlebihan dari smartphone dan media sosial. Fitur Screen Time pada iOS 12 ini akan memperlihatkan berapa lama yang dihabiskan pengguna pada beberapa aplikasi. 

Namun, yang menarik dalam presentasinya, Federighi mencontohkan seseorang yang menggunakan Facebook sangat sering dipakai dibandingkan aplikasi lainnya. Apple seperti ingin membicarakan kecanduan media sosial dengan platform milik Mark Zuckerberg itu, adalah nangkring pada peringkat pertama.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Apple juga menyindir soal keamanan data pengguna yang akhir-akhir ini menjadi topik panas di belahan dunia. Federighi mengatakan, Apple akan berkomitmen menjaga privasi data yang dilakukan Safari pada sistem operasi MacOS Mojave. Browser itu akan memberitahu pengguna jika sebuah situs ingin menggunakan cookies atau data website pengguna saat sedang browsing

Apple juga membantah tudingan mereka ikut serta mengambil data pengguna Facebook. Kepala Eksekutif Apple, Tim Cook yang mengatakan bantahan itu sendiri. Ia menegaskan tak ada kerja sama dalam pengambilan data dengan Facebook. 

Anak perusahaan Facebook, Instagram juga menjadi contoh presentasi Federighi. Ini dilakukan saat memperkenalkan fitur App Limits yang akan memberikan waktu batasan penggunaan setiap aplikasi. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya