Sharp Bakal Kembali Bikin PC, Toshiba 'Lempar Handuk'

Karyawan Sharp
Sumber :
  • Instagram/@sharpbusiness

VIVA – Toshiba mengumumkan telah menjual divisi bisnis PC personal mereka, Toshiba Client Solution atau TCS ke Sharp. Aksi korporasi ini menjadi potensi menarik bagi Sharp untuk kembali ke bisnis dan pasar komputer personal atau personal computer.

Hantu Krisis Chip Belum Lenyap

Dikutip dari Cnet, Rabu 6 Juni 2018, laporan ZDNet menyebutkan, kesepakatan senilai US$36 juta itu termasuk penerbitan saham baru senilai US$1,8 miliar oleh Sharp. Aksi korporasi ini diumumkan pada Selasa 5 Juni 2018. 

Dengan demikian, Sharp bakal menguasai bisnis PC personal Toshiba itu dengan 80,1 persen saham. Ini menjadi langkah kebangkitan bagi Sharp untuk kembali ke pasar PC. Sharp pernah masuk dalam pasar PC, sayangnya pada 2010 Sharp menutup operasi PC mereka 

Ada Berita Duka dari Toshiba

Selepas menutup operasi mereka, Sharp bahkan pernah diakuisisi pemasok Apple, Foxconn pada 2016 bernilai US$3,5 miliar. 

Sedangkan bagi Toshiba, kesepakatan itu menjadi akhir dari sebuah era, mereka akhirnya lempar handuk. Toshiba pernah merilis laptop pertamanya pada 1985, namun saat ini Toshiba mengundurkan diri dari bisnis tersebut. 

Tak Hanya Nissan, 4 Perusahaan Gede Ini Tutup Pabriknya di Indonesia

Sebagai bagian dari akuisisi, Toshiba akan mentransfer 80,1 persen dari sahamnya ke Sharp. Di bawah Foxconn, Sharp berpotensi memproduksi barang dengan harga yang lebih murah. 

Sebelum kesepakatan dengan Sharp, Toshiba mengalihkan bisnis PC mereka ke divisi TCS pada April 2016 sebagai bagian dari reformasi struktural. 

"Toshiba telah menetapkan cara terbaik untuk memperkuat TCS, meningkatkan nilai perusahaan, dan juga untuk mengamankan daya saing global dan melanjutkan pengembangan bisnis, adalah memilih Sharp sebagai mitra," ujar Toshiba dalam rilisnya. 

Setelah kesepakatan selesai pada 1 Oktober tahun ini, Toshiba akan menyerahkan lisensi merek produk PC serta alat yang diproduksi, dirancang dan dijual oleh TCS. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya