4 Aplikasi Ini Kawal Mudik Anda

Sorot Jalur Mudik - Arus lalu lintas di pintu keluar tol Brebes Timur (Brexit)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA – Musim mudik sudah terasa. Ruas di jalan tol dan jalan raya menuju kota tujuan mudik sudah terasa peningkatan kepadatannya. Mudik bukan cuma soal macet dan hingar-bingar ceritanya. Tak ada salahnya pemudik menggunakan aplikasi agar perjalanan mudik semakin nyaman, terutama bagi yang mudik melalui perjalanan darat. 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Berikut kami rangkuman ragam aplikasi yang bisa membantu perjalanan mudik Anda:

1. Google Maps

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Aplikasi ini sudah begitu penting bagi perjalanan mudik. Sebab aplikasi Google ini bisa memantau perkembangan arus di jalan, apakah macet atau tidak. 

Bagi yang belum tahu caranya. Ketuk bagian 'lalu lintas' pada aplikasi Google Maps pada smartphone atau perangkat mobile Anda. Maka di Maps nanti akan muncul tanda jalur hijau, merah dan kuning. Jalur hijau menandakan arus di jalan yang dimaksud lancar, kuning maksudnya arus padat merayap dan merah berarti macet.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Fitur baru Google Maps 

2. Waze

Aplikasi ini sudah menjadi andalan untuk navigasi di jalanan. Tak ada salahnya untuk dipakai selama perjalanan mudik. Aplikasi ini berisi informasi di jalan dan lalu lintas real time, peringatan kecelakaan, bahaya, penutupan jalan dan lainnya. 

Anda juga bisa memakai Waze untuk navigasi suara belokan demi belokan menuju lokasi tujuan. Enaknya lagi, Waze menyediakan pengalihan rute secara otomatis saat kondisi jalan berubah. Fitur lainnya, Waze juga menyediakan lokasi titik SPBU dalam rute yang Anda lewati.

Tampilan Waze. 

3. NTMC Mudik

Satu aplikasi ini juga bisa dipakai untuk memandu perjalanan mudik Anda. Aplikasi ini dikembangkan oleh Korlantas Mabes Polri untuk memudahkan perjalanan mudik. 

Pada aplikasi ini berisi informasi peta, peta mudik, NTMC TV, call center, informasi publik meliputi rawan macet, rawan kecelakaan, pasar tumpah, SPBU sampai rumah makan. 

4. Info BMKG

Ada pertanyaan kenapa harus memantau cuaca saat mudik. Paling tidak dengan tahu prakiraan cuaca, pemudik bisa menyiapkan diri baik dalam menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi.

Pemudik bisa memantau cuaca selama perjalanan sampai tempat tujuan mudik. Aplikasi Info BMKG terdapat fitur informasi cuaca jalur mudik lebaran, cuaca maritim sampai cuaca bandara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya