Facebook Luncurkan Fitur untuk Nostalgia Masa Lalu

Media sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Terlepas dari banyaknya masalah belakangan ini, Facebook masih percaya diri dengan merilis fitur baru. Fitur 'Memories' ini akan mengeluarkan postingan dan foto lama dan ditampilkan pada masa sekarang. 

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Product Manager Facebook, Oren Hod menyatakan, Memories dibuat agar pengguna bisa merasakan dampak positif dengan melihat postingan lama tersebut. 

"Hari ini, kami merilis Memories, tempat untuk refleksi momen yang dibagi dengan keluarga dan teman, termasuk postingan dan foto, teman baru dan acara besar dalam hidup," ujar Hod, dalam keterangannya di laman Newsroom Facebook, Selasa 12 Juni 2018. 

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Fitur ini nampaknya pembaharuan dari fitur sebelumnya, On This Day.

Hod menuturkan, Memories akan memasukkan empat bagian. Pertama bagian On This Day, yaitu postingan pada tanggal tersebut di masa lalu.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Ada pula Friends Made On This Day. Facebook akan menampilkan orang yang dijadikan teman di platform pada tanggal postingan masa lalu. Hod mengatakan, fitur ini menjadi momen merayakan persahabatan pengguna Facebook. 

Memori dalam satu musim atau bulanan akan ditampilkan dalam bentuk pesan atau video singkat dalam bagian Recaps of Memories. Sedangkan Memories You May Have Missed, ini untuk menampilkan kembali riwayat postingan yang mungkin terlewat oleh pengguna Facebook. 

Hod mengatakan, fitur ini bisa digunakan atas kontrol penggunanya. Jadi mereka bisa memilih apakah Memories bisa diakses oleh orang lain atau tidak. 

"Kami tahu memori adalah perasaan paling mendalam dan tidak semuanya positif. Kami berusaha mendengarkan masukan dan merancang fitur ini jadi mereka bijaksana dan memberikan orang kontrol untuk mudah mengaksesnya,” katanya.

Hod mengatakan, tim Facebook bekerja keras memastikan mereka memperlakukan konten sebagai bagian dari pengalaman tiap individu. Facebook juga berterimakasih atas masukan selama tiga tahun terakhir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya