Bantu Pemudik, Grab Rilis Aplikasi Ayo Mudik

Grab.
Sumber :
  • Instagram/@grabid

VIVA – Menyambut musim mudik 2018, Grab meluncurkan aplikasi yang membantu pemudik. Aplikasi tersebut berasal dari Kudo, perusahaan yang merupakan bagian dari Grab. Aplikasi bernama Ayo Mudik, berisi informasi tempat atau lokasi yang paling dibutuhkan orang saat mudik.

Viral Perkelahian Ojol di Medan, Grab: Bukan Gara-gara Berebut Baterai Motor Listrik

Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menyatakan, ide pembuatan aplikasi ini, karena informasi seputar pemudik masih sulit diperoleh sampai saat ini. 

"Salah satu hal terpenting yang dibutuhkan oleh para pemudik adalah ketersediaan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik, serta informasi titik kemacetan yang berpotensi memperpanjang durasi perjalanan mudik,” ujar Ridzki dalam keterangannya, Rabu 13 Juni 2018. 

Terancam Diboikot karena Dituduh Dukung Israel, Grab Bantah dan Donasi Rp3,5 M ke Gaza

Selama ini, Ridzki mengatakan, akses informasi mutakhir dan lengkap untuk mudik masih sulit untuk diperoleh, karena tidak terintegrasi dengan baik dan hal tersebut yang mendasari ide peluncuran aplikasi Ayo Mudik pada mudik lebaran tahun ini.

Ayo Mudik dibuat berbasis peta, di dalamnya terdapat informasi tentang lokasi posko mudik terdekat, pos polisi, posko kesehatan, SPBU, bengkel, masjid, ATM, hingga info lalu lintas terkini. Kudo juga menyelipkan info bencana bagi aplikasi buatannya ini.

Presiden Grab Indonesia Didapuk sebagai Dewan Komisaris

Informasi pada aplikasi ini merupakan hasil kerja sama dengan sejumlah pihak seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, BMKG, Pertamina, Jasa Marga, Polri, operator telekomunikasi, serta perusahaan penyedia jasa dan produk internet. 

Rilis aplikasi itu merupakan menjadi cara Grab dan Kudo untuk mendukung program Kominfo dan Kementerian Perhubungan, untuk memberikan layanan pada pemudik lewat informasi aplikasi. Aplikasi ini juga menjadi program penutup Grab selama bulan Ramadan lewat kampanye #BahagiaItuDekat. 

"Peluncuran kembali aplikasi Ayo Mudik dalam menyambut periode mudik Lebaran tahun ini, merupakan inisiatif terakhir yang kami jalankan untuk mendukung mobilitas masyarakat Indonesia selama perjalanan mereka ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri," ujar Ridzki. 

Aplikasi Ayo Mudik sudah bisa diunduh di Google PlayStore. Namun, selain Ayo Mudik, Grab juga menyediakan fitur Grab Daily pada aplikasi untuk informasi seputar mudik seperti lokasi pom bensin, ATM, bengkel dan rumah sakit. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya