18 Cara Facebook Mata-matai Pengguna, Termasuk Gerak Mouse

Logo Media Sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Sebuah laporan setebal 454 halaman dikabarkan dibuat Facebook untuk menjawab pertanyaan kepada Mark Zuckerberg sebelum menghadiri Kongres Amerika Serikat pada April lalu. Laporan ini kabarnya berisi jawaban atas beberapa pertanyaan yang tidak bisa dibuat bos Facebook saat itu. Salah satunya mengenai cara Facebook memata-matai penggunanya.

Menerapkan Perlindungan Data Pribadi Bukan Tugas yang Mudah

Dilansir dari laman Daily Mail, Kamis 14 Juni 2018, berikut 18 cara Facebook untuk mengumpulkan data para penggunanya: 

Perangkat

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Facebook akan melacak semua perangkat keras yang digunakan pengguna dari tablet, smartphone, dan perangkat lain yang terhubung ke internet. Platform itu juga melacak sistem operasi dari versi software dan web browser

Facebook akan mencatat nomor operator jika pengguna menggunakan smartphone dan penyedia layanan internet (ISP) akan disimpan jika pengguna menggunakan Wi-Fi atau koneksi Ethernet saat mengakses platform itu. 

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Pergerakan mouse

Facebook juga melihat pergerakan mouse di layar komputer pengguna saat berinteraksi di media sosial. Perusahaan itu mengklaim informasi dari pergerakan mouse itu untuk membantu membedakan manusia dari bot alias robot digital. 

Aplikasi dan nama file

Platform itu mempelajari perangkat apa yang disukai pengguna dengan melacak aplikasi yang digunakannya dan catatan nama file. Data tersebut disinkronkan pada profil pengguna, nantinya akan memengaruhi jenis iklan yang akan diberikan. 

Pengoperasian perangkat

Dengan mencatat pergerakan browser Facebook, platform itu mempelajari bagaimana pengguna menggunakan media sosialnya. Caranya dengan melihat apakah pengguna menjadikan laman Facebook sebagai browser utama dan tidak menggunakan bersamaan dengan yang lain. 

Selain itu mereka juga mengumpulkan informasi penggunaan produk Facebook seperti jenis konten yang dilihat, fitur yang digunakan, kegiatan yang dilakukan, interaksi dengan akun atau orang lain, serta waktu, frekuensi dan durasi kegiatan. 

Koneksi 

Media sosial besutan Mark Zuckerberg itu juga tak lupa mengecek koneksi jaringan dari perangkat yang digunakan pengguna. Mereka memonitor seberapa kuat koneksi mobile data, sinyal Bluetooth dan informasi dari Wi-Fi hotspot atau menara operator terdekat. 

Perangkat terdekat

Facebook mengakui mengumpulkan informasi dari perangkat yang berada di dekat atau menggunakan jaringan Wi-Fi yang sama saat pengguna login atau membuka aplikasi. Alasannya untuk meningkatkan pengalaman personal pengguna dengan menggunakan koneksi, preferensi, minat dan kegiatannya. 

Baterai

Selain pergerakan mouse, mereka juga memonitor level baterai pada perangkat pengguna. Nampaknya ini digunakan untuk efek apa yang terjadi saat pengguna menjalankan Facebook di perangkatnya. 

Media Sosial Facebook.

Penyimpanan

Facebook melacak berapa sisa ruang penyimpanan pada perangkat yang menggunakan aplikasi ini. Ini dibutuhkan untuk melihat apakah pengguna bisa melakukan fungsi tertentu seperti menyimpan album foto ke desktop. 

Instal plugin

Apakah pengguna memiliki plugin yang diinstal atau tidak dilacak oleh Facebook. Plugin seperti Ad Blockers mampu menghambat beberapa pekerjaan Facebook. 

Kecepatan koneksi

Kecepatan koneksi ini digunakan untuk pengiklan. Misalnya jika pengguna memiliki masalah dengan kecepatan 3G, pada News Feed akan ada iklan tentang rencana 4G mobile. 

Situs web pihak ketiga

Tautan pada beberapa situs menggunakan tombol 'Masuk dengan Facebook' dan 'Like'. Aktivitas penggunaan tombol tersebut dilaporkan kembali ke media sosial itu, termasuk pembelian apa pun, situs web yang dikunjungi, perangkat, iklan yang dilihat, dan aktivitas. Ini digunakan untuk iklan yang akan diberikan pada masing-masing pengguna. 

Informasi kontak

Facebook melacak informasi tentang semua pihak yang terkoneksi dengan pengguna yaitu orang, akun, grup, hastag, dan pages. Hal ini dilakukan untuk mencatat informasi kontak yang sering berinteraksi dan akan diprioritaskan pada News Feed. Perusahaan itu juga menjelaskan pencatatan ini juga termasuk riwayat panggilan dan SMS. 

Penggunaan fitur

Mereka mengakui mencatat saat pengguna menggunakan dan terkakhir menggunakan produk mereka, postingan apa saja, video dan konten lain dari Facebook. Platform itu juga mengumpulkan informasi tentang bagaimana pengguna menggunakan fitur yang ada seperti kamera. 

Namun mereka menegaskan tidak mengaktifkan akses fitur ini tanpa sepengetahuan dan izin dari pengguna itu sendiri. 

Lokasi dan tanggal konten dibuat

Konten iklan yang ada di News Feed datang dari catatan lokasi dan tanggal postingan pengguna. Ini juga termasuk lokasi kamera saat foto dibuat. 

Media sosial Facebook.

Lokasi GPS, kamera, dan foto

Saat pertama kali menginstal Facebook, pengguna akan dimintai izin mengakses data lokasi. Sama seperti cara lainnya, ini digunakan untuk penargetan iklan. 

Aktivitas dunia nyata

Tak hanya di dunia maya, aktivitas dunia nyata tak luput dari pengawasan Facebook. Dalam dokumen itu, Facebook mengakui mendapatkan informasi aktivitas dan pembelian secara online serta offline dari penyedia data pihak ketiga. 

ID perangkat dan pengenal lainnya

Facebook juga mencari tahu penggunanya hingga nomor seri perangkat yang digunakan pengguna, sekali lagi demi penargetan iklan. 

Berbagi foto, pesan, unggahan dan impor

Untuk iklan dan peningkatan desain serta fitur, Facebook tak lupa memata-matai tanggal dan waktu kunjungan pengguna ke Facebook, serta aktivitas yang dilakukan di dalamnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya