7 Foto Astronaut Hobi Selfie di Luar Angkasa

Astronaut.
Sumber :
  • NASA.gov

VIVA – Di kalangan para astronaut nampaknya ada semacam tren untuk berswafoto atau selfie dengan Bumi di luar angkasa. Fotonya pun beragam.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Mulai dari dek pesawat hingga saat melakukan pemeliharaan stasiun luar angkasa. Berikut ini 8 foto selfie para astronaut seperti dilansir dari Mashable, Rabu, 27 Juni 2018.

Buzz Aldrin

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Aldrin diklaim sebagai astronaut yang pertama kali 'membumikan' tren selfie. Saat melakukan spacewalk pada misi Gemini 12 pada 1966, ia membalikkan kamera lalu memotret dirinya dengan Bumi sebagai latar belakang.

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Mark Vande Hei

Awal tahun ini, Astronaut Amerika Serikat, Mark Vande Hei, mengambil foto dirinya ketika sedang beristirahat saat spacewalk.

Ia bersama astronaut lainnya bernama Scott Tingle menghabis 7 jam dan 24 menit di luar stasiun untuk bekerja dengan robot Canadarm2.

Ricky Arnold

Pada 16 Mei 2018, ia mengunggah foto selfie-nya di luar angkasa di akun Twitter dengan tulisan 'pemandangan indah dari satu-satunya planet kita'.

Arnold sendiri yang mengambil foto dirinya yang sedang spacewalk dan Bumi memantul dari kaca helm miliknya.

Alexander Gerst

Astronaut Jerman dari Badan Antariksa Eropa, Alexander Gerst, mengambil foto hasil 'jalan-jalannya' di luar angkasa pada Oktober 2014.

Tak hanya berlatarkan Bumi yang mengintip di bawah bagian pesawat, Gerst juga ber-selfie bersama Matahari yang memantulkan cahaya lewat helm astronautnya.

Michael Collins

Ia diklaim sebagai orang yang pertama selfie di dalam stasiun luar angkasa pada 1966. Kala itu, Collins bertugas sebagai pilot NASA pada misi Gemini 10.

Tak lama setelah misi Gemini 10 selesai, Collins kembali bertugas sebagai pilot pada misi terkenal Apollo 11 ke Bulan.

Scott Kelly

Ia dikenal sebagai astronaut pengoleksi selfie terbanyak di luar angkasa. Salah satunya ketika selfie-nya memantulkan cahaya dari Bumi ke wajahnya. Kelly telah terbang ke luar angkasa sebanyak 6 kali sebelum pensiun dari NASA pada 2016.

Akihiko Hoshide

Astronaut asal Jepang ini mengambil selfie saat bekerja di luar angkasa pada 2012. Dalam foto tersebut Hoshide berhasil meng-capture dirinya yang menggunakan seragam luar angkasa, Bumi dan stasiun luar angkasa, yang terpantul dari helm dan Matahari yang tepat berada di belakangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya