Facebook 'Main' Politik, Parpol dan Politisi Indonesia Makin Populer

Persiapan pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) DPR dan DPRD Pemilu 2019
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Memasuki tahun politik, jejaring sosial Facebook memfasilitasi para politisi dan partai politik di Indonesia agar tetap eksis, tidak hanya di Facebook tetapi juga Instagram.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Public Policy Lead Facebook Indonesia, Ruben Hattari, mengatakan layanan ini berupa panduan melalui portal Integritas Pemilihan Umum Facebook Indonesia.

"Kami peduli terhadap proses demokrasi, dan karena ini sangat penting bagi kami untuk melindungi integritas. Kami tidak ingin ada orang yang menggunakan alat kami untuk mengacaukan demokrasi," ungkap dia, dalam pernyataannya, Jumat, 6 Juli 2018.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Ruben mengklaim semua kebutuhan politisi dan partai politik dalam kampanye dapat ditemui dalam panduan tersebut. Panduan ini berisi cara untuk berinteraksi dengan pendukung para politisi dan juga partai politik.

Sosial media Facebook

Petinggi Gerindra: Kemungkinan Pengajuan Hak Angket DPR Hanya 3 Persen

Selain itu ia juga memastikan bahwa akun dan laman Facebook mereka memiliki kredibilitas yang baik. Facebook juga menyelipkan sejumlah informasi bagi para petarung pada pemilihan umum.

"Dalam panduan ini kami akan memberikan cara mengoptimalkan fitur iklan serta teknis penggunaan fitur lain seperti Facebook Live, Balasan Instan, memoderasi komentar Instagram. Panduan ini akan dikeluarkan sebelum pemilu," jelas Ruben.

Hal ini sebagai upaya untuk melindungi dan menjaga integritas selama proses pemilihan umum yang berlangsung pada 2019. "Kami ingin memastikan kredibilitas akun para politisi dan partai politik terjaga dengan baik," papar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya