Facebook Punya 2 Paten, Bikin Kulit Pengguna 'Kinclong' saat Streaming

Media sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Jejaring sosial raksasa Facebook mengajukan dua paten baru. Salah satu konsepnya mirip seperti selfie filter, namun dilakukan sepanjang pengguna sedang melakukan video streaming.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Kedua paten tersebut diajukan sejak tahun lalu namun baru dipublikasi tahun ini. Dilansir laman Mashable, Sabtu, 7 Juli 2018, paten pertama berisi proses untuk menghaluskan atau melembutkan kulit saat tampil di video atau gambar secara realtime.

Software yang digunakan akan mampu mengubah 'ketidaksempurnaan' pada kulit seperti noda, kerutan, perubahan warna dan permukaan wajah yang tidak rata.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Lebih jauh dijelaskan bahwa filter akan mampu melakukannya tanpa menghapus detail gambar yang dinginkan seperti tepi wajah, mata, hidup, bibir, dan rambut seseorang.

Sedangkan, paten kedua adalah fitur yang akan bertindak seperti teleprompter pada video streaming. Dengan begitu, pengguna akan bisa membuat catatan dan melihatnya selama streaming berlangsung.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

"Fungsi ini akan membuat pengguna menyampaikan siaran langsung dengan bantuan skrip yang menggunakan satu perangkat dan membaca skrip dengan melihat pada satu arah ke perangkat I/O yang juga mengambil gambar pengguna," demikian bunyi keterangan pada arsip dokumen paten tersebut.

Fitur ini disebut sebagai Facebook Live Notes pada dokumen paten yang dirilis. Dalam paten tersebut juga mengisyaratkan bahwa ada penggunaan lain pada teknologi, yaitu untuk karaoke.

Meskipun, pada dokumen tidak merujuk langsung pada karaoke, namun terdapat beberapa ulasan mengenai lirik langsung dan kata 'karaoke' digunakan pada satu gambar. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya