Hacker Sukses Curi Ratusan Galon Bensin

Ilustrasi buzzer.
Sumber :
  • www.pixabay.com/tookapic

VIVA – Peretas atau hacker tidak hanya mengincar uang dan dokumen yang sifatnya sangat rahasia, tetapi juga bensin.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Berdasarkan laporan Kepolisian Detroit, Amerika Serikat, mereka sedang mengejar dua orang tersangka yang diduga mencuri 600 galon bensin dengan cara mereras sebuah pom bensin.

Mengutip situs Ubergizmo, Selasa, 10 Juli 2018, nilai kerugian yang diakibatkan dari pencurian ini mencapai US$1.800 atau sekitar Rp25 juta.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Pencurian terjadi pada Sabtu, 23 Juni lalu, pukul 13.00 waktu setempat dan berlangsung selama hampir 90 menit.

Petugas pom bensin tidak dapat melakukan apa pun untuk menghentikan para peretas. Aparat kepolisian meyakini bahwa setidaknya 10 mobil mengambil keuntungan dari pompa bensin yang mengalir bebas.

Shell akan Tutup 1.000 SPBU

Namun, mereka masih belum mengetahui dengan jelas tentang bagaimana proses pencurian terjadi. Polisi menduga para peretas ini memakai alat jarak jauh untuk mengambil kendali pom bensin dari petugas.

Tak hanya itu, peretas juga mampu mencegah petugas menutup selang nozzle ke dispenser pompa bensin. Aparat mengklaim mereka menargetkan software atau perangkat lunak yang dipakai di pompa bensin.

Belum diketahui jenis alat apa yang dipakai dan bagaimana mencegah supaya tidak pom bensin lain tidak menjadi korban berikutnya. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya