Bendung Spam dan Hoax, WhatsApp: Timbang Dulu Sebelum Sebarkan Pesan

Aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – WhatsApp melengkapi platformnya dengan sejumlah fitur untuk mengantisipasi maraknya pesan spam sampai hoaks. 

Mantan Ajudan SYL Ungkap Ada Pesan WA dari Firli ke SYL, Tapi Langsung Dihapus

Salah satu yang diandalakan aplikasi milik Facebook itu untuk membendung spam dan hoaks adalah fitur forwarded atau label pesan yang diteruskan. 

Selain merilis fitur label forwarded, WhatsApp juga dikabarkan sedang menyiapkan fitur yang bisa mendeteksi pesan berbahaya atau mencurigakan. Nama fitur ini menurut rumor yang berhembus yakni Suspicious Link Detection. 

WhatsApp Mau Dibuat Semakin Pintar

Khusus untuk fitur pesan forwarded, WhatsApp mengatakan fitur ini untuk memastikan pengguna lebih cepat mengerti percakapan yang deras di platformnya. 

"Hal ini juga akan membantu Anda untuk mengetahui apakah pesan yang telah dikirim tersebut merupakan pesan yang ditulis oleh teman atau saudara Anda atau berasal dari orang lain," tulis WhatsApp dalam keterangan di blog perusahaan dikutip Kamis 12 Juli 2018. 

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Aplikasi populer ini menegaskan sangat peduli dengan keamanan pengguna. Untuk itu, mengingat maraknya spam dan hoaks yang bertebaran di pesan instan, WhatsApp meminta pengguna untuk teliti sebelum mengirim atau menyebarkan pesan. 

"Kami anjurkan Anda untuk mempertimbangkan sebelum membagikan pesan yang telah diteruskan," kata WhatsApp.

Selain itu, WhatsApp membuka diri kepada pengguna bilamana menemukan pesan spam untuk segera melaporkan ke platform tersebut. WhatsApp mengatakan mudah untuk membendung pesan spam yang beredar. 

"Kami juga ingin mengingatkan bahwa Anda dapat melaporkan spam atau memblokir kontak hanya dengan satu ketukan dan dapat selalu menghubungi WhatsApp secara langsung untuk mendapatkan bantuan," jelas aplikasi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya