Facebook Ambisi Bikin Chip Sendiri, 'Bajak' Eks Petinggi Google

Media sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Facebook berambisi untuk membuat chip buatan mereka sendiri. Untuk mewujudkan itu, media sosial besutan Mark Zuckerberg itu dikabarkan membajak mantan Direktur Teknik Google, Shahriar Rabi. Di tempat baru itu, Rabi akan menjabat sebagai vice president and head of Silicon Facebook. 

Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

Dilansir dari laman Gizmodo, Senin 16 Juli 2018, menurut kabar yang beredar, mantan director of engineering Silicon Division Google itu bakal bekerja di bawah Kepala Virtual Reality dan Augmented Reality Facebook, Andrew Bosworth. Rabi akan bekerja untuk Oculus Go, produk yang masih menggunakan chip dari Qualcomm.

Facebook juga memiliki rencana untuk beberapa hardware yang akan mendapatkan keuntungan dari prosesor buatan mereka, seperti smart speaker. Perangkat tersebut diisukan akan ditambah layar sentuh untuk video percakapan. 

Facebook dan Instagram Down! Pengguna Ngeluh di X dan Jadi Trending Topic

Selain itu, tugas Rabi lainnya kemungkinan untuk mengelolah pemrosesan data Facebook. Proses tersebut selama ini bergantung pada algoritma dan server GPU NVidia. Prosesor itu dibuat khusus untuk menjalankan tugas untuk perusahaan menjadi lebih baik.

Saat di Google, Rabi membantu membuat chip yang digunakan dalam beberapa perangkat, salah satunya Visual Core, yang ada pada lini ponsel Pixel. Ia juga dikabarkan ikut membuat chip keamanan server yang disebut sebagai Titan.

Instagram dan Facebook Down di Seluruh Dunia, Apa Kata Meta?
Polres Depok tangkap pelaku kriminal

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Komplotan pelaku kejahatan berhasil diamankan jajaran Polres Metro Depok. Ada 24 orang yang diamankan dari berbagai kasus seperti pencurian rumah kosong hingga curanmor.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024