Perusahaan Teknologi Jepang Ungkap Cara Kuasai Pasar Pendingin Ruangan

Ilustrasi AC/pendingin ruangan.
Sumber :
  • Pixabay/triosolution1

VIVA – Badan Energi Internasional alias International Energy Agency (IEA) menyebutkan sekitar 9 persen rumah tangga di Indonesia memakai pendingin ruangan (AC).

Pandemi Pintu Masuk China Kuasai Pasar Pendingin Ruangan Dalam Negeri

Jumlah ini masih di bawah Thailand yang porsi rumah tangga memiliki AC mencapai 30 persen, serta Amerika Serikat dan Jepang, di mana rumah tangga di kedua negara tersebut mengonsumsi AC sebesar 90 persen.

Adapun, menurut Badan Pusat Statistik (BPS), DKI Jakarta adalah provinsi dengan pengguna AC terbanyak, yaitu 30,8 persen, yang terbagi atas rumah tangga, gedung perkantoran, dan pusat perniagaan.

Tips Periksa AC Mobil Bekas Bagus atau Enggak

Tak pelak, bisnis AC masih memiliki 'kue' yang besar. Hal inilah yang menjadi rebutan para pemain industri AC seperti Daikin.

Menurut Assistant General Manager After Sales Service Daikin Airconditioning Indonesia, Ruli Sudana, dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 265 juta jiwa, pihaknya mengaku menguasai pangsa pasar sekitar 30 persen.

Biar Enggak Ditipu, Begini Cara Isi Freon Mobil yang Benar

Ruli mengatakan ada dua hal utama pihaknya optimistis mempertahankan penguasaan pasar di Tanah Air. Pertama, Daikin hanya memproduksi AC dan tidak produk lain. "Dengan begitu, produk dan layanan akan terus kita genjot," kata dia di Jakarta, Kamis, 19 Juli 2018.

Kedua, Ruli menyebut kini perusahaan teknologi AC asal Jepang itu memiliki pusat pelatihan atau Daikin National Training Center.

“Kami yakin bisa terus mempertahankan. Makanya, kami tidak menjual produk baru dalam jumlah yang banyak, tapi layanan after sales service-nya tetap terjaga,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, General Manager After Sales Service Daikin Airconditioning Indonesia, Kazumasa Takahara menuturkan, Daikin National Training Centre berdiri di lahan seluas lebih dari 2.000 meter persegi dengan luas bangunan 2.156 meter persegi di bilangan Sunter, Jakarta Utara.

Pusat pelatihan ini tak hanya memiliki fasilitas yang lengkap, namun juga kurikulum pendidikan mengenai AC yang sesuai dengan standar Daikin di seluruh dunia, hingga ruang praktik dan simulasi AC Clean Room and AHU untuk aplikasi rumah sakit. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya