Program Komputer Baru Ini Berkecepatan 'Setan Jalanan', Sukses Diuji

Ilustrasi Big Data.
Sumber :
  • www.pixabay.com/xresch

VIVA – Sebuah program komputer baru telah bekerja lebih pintar untuk menyelesaikan masalah lebih cepat dari pendahulunya. Program komputer tersebut telah menunjukkan kualitasnya dalam International Conference on Machine Learning di Stockholm, Swedia pada 12 Juli 2018.

Desain Lenovo ThinkStation P8 Terinspirasi Aston Martin

Penelitinya mengklaim program komputer baru ini punya kecepatan 'setan jalanan' alias super cepat dalam menjalankan proses perintah. 

Algoritma program komputer baru tersebut dirancang untuk menemukan penyelesaian terbaik dari pilihan yang ada pada sebuah masalah. Sementara program komputer lain hanya punya kemampuan menampilkan kemungkinan solusi per satu masalah, program komputer baru ini mampu mengesampingkan banyak pilihan sekaligus. 

4 Rekomendasi Komputer Tanpa CPU untuk Pekerja Kantoran hingga Content Creator

Dilansir dari laman Science News, Senin 22 Juli 2018, kinerja program komputer bisa dilihat misalnya saat diminta untuk mengumpulkan rekomendasi tontonan dari film tertentu. 

Daftar rekomendasi yang ideal yang disajikan komputer itu umumnya meliputi saran pada film dengan genre yang mirip, kalaupun cukup berbeda, rekomendasi menampilkan daftar film bersadarkan varietas jumlah penontonnya. Pada rekomendasi pada sistem komputer yang lama, pada prosesnya komputer akan meneliti seluruh library film untuk menemukan yang terbaik dari kriteria tersebut dan menambahkannya pada rekomendasi satu demi satu. 

8 Alat untuk Melihat Hilal, Ada Tongkat

Nah, proses ini dianggap sangat lambat dan membosankan. 

Sedangkan pada program komputer terbaru akan memulai memilih film secara acak dari library. Setelah itu, sistem akan menyimpan film yang memberikan keseimbangan terbaik dari sisi relevansi pada film asli dan keberagamannya. 

Film yang tak masuk kriteria itu akan langsung dibuang oleh sistem. Pada hasil pemilihan tadi, algoritma akan memilih lagi film secara acak dan menyimpan yang terbaik dari sana. 

Strategi pada sistem algoritma ini diklaim sebagai yang tercepat dari metode komputer tradisional sebelumnya. 

Salah seorang iluwan komputer dari Universitas Harvard Amerika Serikat, Yaron Singer dan Eric Balkanski menciptakan sistem baru ini. Mereka menguji coba temuan tersebut yang hasilnya lebih cepat sepuluh kali dari sistem standar biasa. 

Uji coba lainnya untuk mencari rute terbaik pada taksi di New York City. Dari hasil tersebut, algoritma baru ini bekerja enam kali lebih cepat dari operator otomatis konvensional. 

Selain rekomendasi film dan rute, program tersebut juga bisa mempercepat bagi penemuan obat atau narkoba hingga analisis media sosial. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya