Sandiaga: Usaha Digital Semuanya Dihajar Pajak, Kasihan yang Kecil

XL menggelar Future Leader
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – XL Axiata menyelenggarakan XL Future Leader bagi mahasiswa di beberapa kota, kali ini mereka menyelenggarakan di Jakarta. Operator telekomunikasi itu menyatakan penyelenggaraan XL Future Leader merupakan komitmen perusahaan untuk membangun generasi muda. 

Floratama Learning Center, Solusi Jadikan Labuan Bajo Flores Destinasi Super Prioritas

Dalam acara tersebut penyelenggara mengundang sesi diskusi yang melibatkan perwakilan pemerintah, pelaku industri kreatif dan media. Tema XL Future Leader kali ini yakni mengenai bisnis kreatif serta tantangannya.

Perwakilan pemerintah DKI Jakarta diwakili Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. Dari industri kreatif ada pendiri Warunk Upnormal Stefani Kurniadi dan pendiri Elders Garage Hereth Frasthio, sedangkan dari media adalah pimpinan redaksi Tirto.id, Sapto Anggoro. 

Gibran Ungkap 5 Juta Peluang Lapangan Kerja di Sektor Kelestarian Lingkungan atau ‘Green Jobs’

Salah satu yang dibicarakan adalah pajak bagi penggiat bisnis di media sosial. Sandiaga mengakui, pajak bisa sangat memberatkan para anak muda yang baru merintis bisnis. 

"Kalau usaha digital semuanya dihajar (dengan pajak). Usaha digital kecil layu sebelum berkembang," kata Sandiaga di Jakarta, Selasa 24 Juli 2018. 

Ganjar Cerita Pemuda Modifikasi Mobil Bernilai Miliaran Urus Dokumen Kendaraan Dipersulit

Ia mendukung konsep anak muda yang baru merintis usaha bisa mendapat kemudahan soal pajak. Nantinya pebisnis muda diharapkan bisa naik kelas jika konsep mereka dijalankan.

Sistem intensif pada usaha kecil diharapkan bisa diwujudkan. Sandiaga mengatakan, nantinya saat perusahaan kecil ini tumbuh besar, maka baru diedukasi soal pajak tersebut. 

XL Axiata mengatakan, perusahaan berkomitmen menyediakan wadah bagi pengembangan generasi muda. Salah satunya melalui penyelenggaraan XL Future Leader secara berkelanjutan.

"Perusahaan berkomitmen program sosial di pendidikan, XL Axiata berkomitmen menyediakan anak muda untuk future leader," ujar Director Finance XL Axiata, Mohammed Adlan bin Ahmad Tajudin.

Adlan menyatakan, ekonomi kreatif akan sangat berkembang dan memberikan kontribusi pada ekonomi Indonesia. "Melalui program ini menjadi bekal generasi muda Indonesia di kemudian hari," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya