Uang Digital Dijamin Tak Bisa Diretas tapi Bisa Kacau Gara-gara Ini

Ilustrasi uang digital.
Sumber :
  • Pinterest

VIVA – Pendiri dan Kepala Eksekutif BBX Coin, Ronald Kumalaputra, menegaskan jika cryptocurrency dan exchanger adalah dua hal yang berbeda.

Ukraina Sesumbar Jebol Ratusan Situs Militer Rusia

Exchanger adalah bisnis yang memungkinkan konsumen untuk memperdagangkan uang digital (cryptocurrency) ke aset yang lain seperti uang kertas maupun jenis uang digital lainnya.

Sementara itu cryptocurrency memiliki sifat yang terdesentralisasi, tanpa perlu pengawasan pihak ketiga seperti bank sentral maupun pemerintah, karena menggunakan enkripsi. Contoh dari uang digital antara lain Bitcoin, Ethereum dan Ripple.

Akankah 2024 jadi Tahun 'Friendly' untuk Keamanan Siber?

Dengan demikian, apabila terjadi peretasan (hacking) atas uang digital maka hal itu murni kesalahan exchanger. Sebab, Ronald mengaku jika cryptocurrency tidak bisa diretas.

Oleh karena itu, ia mengingatkan agar seluruh exchanger harus kredibel dan memiliki integritas. "Aksi peretasan bisa dilakukan oleh orang dalam atau dari luar. Andai terjadi maka bukan salah crypto-nya tapi exchanger," kata dia, dalam keterangannya, Rabu, 25 Juli 2018.

Heboh Apple Rekrut Hacker Kelas Kakap

Pria yang berpengalaman di sektor keuangan selama 16 tahun dan pemilik tiga bidang bisnis ritel, IT, dan media ini, meyakini kalau Blockchain, teknologi di belakang cryptocurrency, dapat menjamin keamanan seluruh transaksi.

"Blockchain adalah solusi keamanan dan privasi, khususnya untuk keuangan berbasis internet yang dapat memproses perdagangan yang nilainya mencapai triliunan dolar AS. Semua riwayat transaksi bisa dilihat secara umum, sehingga seluruh kecurangan bisa dicegah, bahkan ditindak tegas," ungkap Ronald.

Hacker/Intelijen siber.

Hacker Bisa Pakai Ponsel untuk Memata-matai Seseorang

Manfaat dari ponsel pintar sangat beragam, dan keistimewaan ini dimanfaatkan oleh para peretas atau hacker melalui sensor cahaya pada perangkat tersebut.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024