Apple-Qualcomm Makin 'Panas', iPhone Anyar Jadi Korban

iPhone X di Beijing, China.
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVA – Hubungan Apple dan Qualcomm kian ‘memanas’ dan bakal mengacaukan kerja sama keduanya selama ini. Kabar yang beredar, produk iPhone terbaru tak menggunakan lagi chip modem Qualcomm.  

3 HP Ini Perdana Pakai Snapdragon 7+ Gen 3

"Apple bermaksud menggunakan modem kompetitor daripada modem kami pada perilisan iPhone berikutnya," kata Kepala Finansial Qualcomm, George Davis, dilansir laman The Verge, Kamis 26 Juli 2018. 

Davis memang tak menyebutkan nama merek pemasok komponen modem yang akan digunakan pada iPhone terbaru. Namun selain Qualcomm, hanya Intel merupakan pemasok komponen pada iPhone. 

Viral Sosok Riccie Playboy, Pria Asal Medan yang Gemar Bagi-bagi Iphone

Apple dan Qualcomm terlibat sengketa sebelumnya. Masalahnya berasal dari paten dan sengketa royalti penggunaan teknologi Qualcomm oleh Apple.

Awal 2017, Apple mengajukan gugatan pada Qualcomm karena pengisian daya berlebihan untuk penggunaan modem LTE. Perangkat ini penting untuk koneksi smartphone pada internet. 

5 Aplikasi Pendukung Ramadan, Ibadah Puasa Makin Khusyuk

Qualcomm lalu mengajukan gugatan tandingan. Mereka menyatakan Apple berhutang lebih banyak uang pada royalti dan lebih jauh lagi perusahaan pembuat iPhone itu melanggar beberapa paten. 

Selain itu Qualcomm menuduh Apple membocorkan sejumlah informasi paten Qualcomm ke Intel. 

Qualcomm juga mencoba untuk mengajukan larangan beberapa produk iPhone untuk dijual di Amerika Serikat. Walaupun pada akhirnya usaha itu gagal. 

Situasi bertambah rumit, saat Intel menyatakan tidak akan memiliki chipset 5G hingga benar-benar siap pada 2019. Sedangkan Qualcomm telah merilis pernyataan akan mengeluarkan produk 5G nya akhir tahun ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya