Daftar Lokasi Nobar Gerhana Bulan Total Terlama Abad Ini

Ilustrasi gerhana bulan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Gerhana Bulan Total akan muncul pada akhir pekan ini, Sabtu 28 Juli 2018. Seluruh wilayah Indonesia termasuk yang bisa menyaksikan Gerhana Bulan Total terlama abad ini. Total waktu gerhana total ini yakni 103 menit. Fase awal gerhana tersebut akan mulai muncul pada dini hari sampai fase akhir pada pagi hari 28 Juli 2018. 

Deretan Fenomena Bulan Purnama Tahun Ini

Beberapa lembaga menyelenggarakan pengamatan atau nonton bareng (nobar) Gerhana Bulan Total. Bagi Anda yang ingin mengamati, bisa mengakses dan mendatangi lokasi pengamatan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sampai Planetarium Jakarta, menyiapkan pengamatan fenomena alam satelit alami Bumi tersebut. 

BMKG juga menyelenggarakan nonton bareng sekaligus pengamatan gerhana di berbagai kantor cabang yang tersebar di Indonesia, yakni Medan, Padang Panjang, Kepahiang, Tangerang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Karangkates, Denpadar, Waingapu, Kupang, Palu, Makassar, Gowa, Manado, Ternate, Ambon dan Jayapura. Alamat lengkap titik pengamatan BMKG bisa diakses pada tautan ini.

Jam Berapa Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dilihat di Indonesia Hari Ini?

Sedangkan LAPAN mengadakan pengamatan umum di kantor Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Pasuruan, Jl.Raya Watukosek No. 1 Gempol Pasuruan 67115, Jawa Timur. Planetarium Jakarta menggelar peneropongan gerhana tersebut di Plaza Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Gerhana Bulan Diprediksi Terjadi 29 Oktober 2023, Kemenag Ajak Umat Salat Khusuf 

  

ilustrasi Gerhana Matahari Sebagian

2 Gerhana di Ramadhan 2024 Tanda Datangnya Imam Mahdi? Ini Kata Buya Yahya

Farahhati Mumtahana, seorang peneliti dari Pusat Riset Antariksa di Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, mengungkapkan bahwa di bulan Ramadhan ada 2 Gerhana

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024