VIDEO: Begini Simulasi Gerhana Bulan Total Terlama Abad Ini

Fenomena Gerhana Bulan Super Blue Blood Moon
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Gerhana Bulan Total pada Sabtu dini hari 28 Juli 2018 akan menarik perhatian publik dunia dan Tanah Air. Sebab bakal menjadi Gerhana Bulan Total Terlama abad ini. Durasi totalitas gerhana ini berlangsung selama 103 menit atau 1 jam 43 menit.

2 Gerhana di Ramadhan 2024 Tanda Datangnya Imam Mahdi? Ini Kata Buya Yahya

Untuk normalnya, Gerhana Bulan hanya berlangsung selama satu jam. Setelah dini hari nanti, untuk menyaksikan Gerhana Bulan Total terlama berikutnya akan terjadi pada 2025 dengan total durasi totalitasnya 1 jam 22 menit, masih kalah dengan totalitas Gerhana Bulan Total Sabtu 28 Juli 2018.

Untuk wilayah Indonesia, puncak Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 akan terjadi mulai pukul 02:30-04:13 WIB. Waktu Indonesia Tengah dan Waktu Indonesia Timur bisa menyesuaikan dengan waktu tersebut.

Deretan Fenomena Bulan Purnama Tahun Ini

Menyambut gerhana tersebut, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) merilis simulasi Gerhana Bulan Total terlama abad ini, untuk koordinat WIB. 

Jam Berapa Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dilihat di Indonesia Hari Ini?

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin mengungkapkan, ada dua hal yang menyebabkan gerhana dini hari nanti menjadi Gerhana Bulan Total terlama abad ini.

"Gerhana saat ini menjadi yang terpanjang pada abad ini karena lintasannya dekat dengan garis tengah lingkaran bayangan Bumi dan jarak Bulan terjauh dari Bumi," jelasnya kepada VIVA, Jumat 27 Juli 2018. 

Dengan dua faktor tersebut, ujar Thomas, membuat purnama berada dalam kegelapan bayangan Bumi lebih lama dari gerhana bulan pada umumnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya