XL Axiata Pastikan Jaringannya Aman Pascagempa Lombok

Korban Gempa Lombok.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Zakir

VIVA – Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk memastikan jaringan dan layanan mereka tetap berjalan normal di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pascagempa berkekuatan 6,4 SR pada Minggu, 29 Juli kemarin.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

Vice President XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim, mengatakan, semua pelanggan masih bisa menggunakan operator XL di seluruh wilayah, termasuk lokasi terdekat dengan pusat bencana.

"Lebih dari 220 unit BTS XL Axiata di Lombok tetap normal dan beroperasi melayani pelanggan, termasuk BTS yang berada di lokasi paling terdampak bencana yaitu di Kabupaten Lombok Timur dan sebagian Kabupaten Lombok Utara," kata dia di Jakarta, Senin, 30 Juli 2018.

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

Imam juga mengaku telah melakukan pengecekan ke semua menara dan juga perangkat BTS di daerah terkena dampak bencana.

Lokasi yang dilakukan pengecekan adalah desa-desa di kaki Gunung Rinjani seperti Sembalun, Sajang, Sambik Elen dan Senaru.

XL Axiata Lagi Semringah

Imam menyatakan semuanya dalam keadaan baik. "Kami juga telah menyiapkan sejumlah langkah seperti backup genset portabel, serta memastikan semua genset permanen sudah terisi solar," paparnya.

Ia mengatakan pilihan untuk adanya redirect coverage dari site terdekat dan menjalankan mobile BTS juga menjadi langkah-langkah yang dilakukan perusahaan dalam menyiasati adanya peristiwa yang tidak diinginkan.

"Terdapat 720 BTS dengan 470 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE. Sedangkan seluruh Provinsi NTB, lebih dari 2.900 BTS yang terdiri dari 790 BTS adalah 4G LTE untuk lebih dari 2 juta pelanggan," jelas Imam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya