Hari Ini, Jarak Planet Mars dan Bumi Sangat Dekat

Planet Mars.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Aynur_zakirov

VIVA – Planet Mars akan berada di jarak terdekatnya dengan Bumi pada Selasa hari ini, 31 Juli 2018. Keduanya hanya berjarak 57,6 juta kilometer.

5 Ramalan Populer Jayabaya yang Diyakini Telah Terjadi Di Indonesia

Dekatnya jarak Bumi dan Mars ini akan berlangsung hingga Oktober 2020. Kejadian ini hanya terjadi pada periode 15-17 tahun sekali, seperti dilansir laman Express.

Berdasarkan catatan, planet Merah ini berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi terakhir pada 2003.

Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya

Kemungkinan, kejadian langka ini baru akan terulang kembali 30 tahun kemudian atau pada 2033. Posisi terdekat ini terjadi karena, baik Bumi dan Mars, memiliki orbit yang berbentuk oval.

Akan ada saatnya di mana kedua planet ini berdekatan dan juga mendekati Matahari. Tercatat pula bahwa jarak ini menjadi paling dekat setelah lebih dari satu dekade.

Kiamat Terjadi 2 Tahun Lagi

Sebelumnya, Bumi dan Mars juga pernah berjarak lebih dekat dari yang sekarang. Namun, kejadian itu terjadi pada 60 ribu tahun silam.

Kala itu jarak keduanya sekitar 56 juta kilometer. Diperkirakan, kejadian tersebut baru akan terulang lagi pada 2287 mendatang.

Dengan dekatnya jarak kedua planet ini maka Mars akan terlihat lebih jelas di Bumi bagian Selatan. Adapun negara-negara yang beruntung bisa melihat Mars lebih dekat adalah Australia, Brasil, Afrika Selatan dan Selandia Baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya