Deretan Fakta Nanobubble, Si Penghilang Bau Busuk Kali Item

Penutupan jaring untuk mengurangi bau di Kali Item, dekat Wisma Atlet Kemayoran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berusaha menghilangkan bau busuk di Kali Item. Lokasinya berdekatan dengan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, yang akan digunakan untuk pesta olahraga akbar Asian Games 2018.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Untuk menghilangkan bau busuk di Kali Item, Pemprov DKI Jakarta menggunakan teknologi nanobubble. Berikut deretan fakta yang berhasil dirangkum VIVA, Selasa, 31 Juli 2018, mengenai nanobubble:

Cara Kerja

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Nanobubble akan membuat bakteri yang berada di dasar sungai ataupun kali lebih aktif bekerja. Inilah yang akan membuat bau busuk Kali Item akan menghilang.

Lama Kerja

Kementan Tampilkan Inovasi Teknologi Tepat Guna dan Solusi Bagi Petani

Proses nanobubble bekerja sekitar tiga hingga empat bulan. Inilah yang membuat beberapa pihak memutuskan menggunakan mikroorganisme lactobacillus bersamaan dengan nanobubble untuk mempercepat proses pembersihan Kali Item.

Menambah Kadar Oksigen

Salah satu fungsi nanobubble seperti dikatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah untuk menambah kadar oksigen di Kali Item yang saat ini ditutupi jaring.

Dengan harapan penyebab bau busuk bisa dikurangi dan tidak mengganggu seluruh atlet yang menginap di Wisma Atlet Kemayoran.

Kerja Sama Antarlembaga

Wakil Ketua Umum Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC), Sylviana Murni, mengaku telah bekerjasama dengan beberapa pihak untuk mengurangi aroma bau busuk dari Kali Item dalam waktu singkat.

Khusus untuk nanobubble, Sylviana mengatakan bahwa penyemprotan alat itu hasil kerja sama INAPGOC dengan Lion's Club dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya