Logo ABC

Cara Facebook dan Instagram Agar Pengguna Tak Kecanduan Medsos

Inilah fitur baru dari Facebook untuk membatasi waktu penggunaan.
Inilah fitur baru dari Facebook untuk membatasi waktu penggunaan.
Sumber :
  • abc

Facebook dan Instagram akan memperkenalkan fitur baru guna membantu pengguna untuk mengetahui berapa lama mereka sudah menghabiskan waktu menggunakan media sosial.

Fitur baru itu termasuk pembatasan waktu, dan juga adanya dashboard yang menunjukkan kepada pengguna berapa lama waktu yang sudah dihabiskan melihat gadget mereka.

Dengan itu, penggunan akun bisa menentukan sendiri batas waktu yang ingin mereka habiskan mengunakan app, dan kemudian app akan memberitahu bila batas waktu itu sudah dicapai.

Pengguna juga akan bisa melihat statistik yang menunjukkan waktu yang mereka habiskan selama seminggu, dan juga rata-rata perhari.

"Kami membuat fitur ini berdasarkan kerjasama dan inspirasi dari pakar dan organisasi kesehatan mental, selain juga penelitian kami sendiri dan masukan dari para pengguna." kata Ameet Ranadive dan David Ginsberg, manajer pengembangan produk Instagram dan direktur penelitian Facebook dalam sebuah postingan blog.

"Kami mau waktu yang dihabiskan pengguna di Facebook dan Instagram memang sudah direncanakan, berlangsung positif dan memberikan inspirasi."

"Harapan kami adalah fitur ini akan memberikan lebih banyak kontrol oleh penggguna dengan waktu yang mereka habiskan dan juga menjembatani pembicaraan antara orang tua dengan remaja mengenai kebiasaan online yang tepat untuk mereka."