Hilangkan Bau Busuk Kali Item, LIPI Kerahkan Teknologi Lutor

Kali Item ditutup jaring.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Hafidz Mubarak

VIVA – Kali Item yang mengalir dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, sedang mengalami beberapa tahap revitalisasi. Setelah penggunaan jaring, bubuk Deogone hingga nanobubble, kini ada teknologi bernama Lutor, atau LIPI Ultrafine Bubble Generator.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Menurut akun Instagram LIPI, @lipiindonesia, seperti dikutip VIVA, Kamis, 2 Agustus 2018, dua unit Lutor dikerahkan untuk membantu membersihkan Kali Item. Lutor akan mengurai bakteri penyebab bau busuk di kali tersebut.

"Lutor dilengkapi plasma nanobubble. Plasma ini berfungsi untuk mengurai bakteri penyebab bau busuk. Setelah itu nanobubble bekerja untuk memberikan oksigen sehingga ekosistem bisa hidup kembali," demikian keterangan LIPI.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Sebelum diturunkan membersihkan Kali Item, Lutor sudah digunakan di berbagai area tambak ikan untuk mengelola air limbah. Untuk tahap awal, mereka akan memasang dua unit terlebih dahulu. Rencananya, akan ada 10 unit Lutor yang akan diterjunkan ke Kali Item.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Alat yang berbentuk kotak segi empat itu harus diletakkan di dasar sungai. Adapun cara kerja Lutor adalah teknologi ini akan mengambil oksigen dari atas permukaan air, lalu memasukkannya ke dalam air dalam bentuk gelembung oksigen.

Bau busuk yang berasal dari Kali Item merupakan salah satu masalah yang harus diselesaikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta jelang Asian Games 2018.

Bahkan, aroma tak sedap itu pun bisa tercium sampai tempat makan Wisma Atlet Kemayoran. Menurut Peneliti LIPI Bidang Limnologi, Gadis Sri Haryani, selama sumber bau tidak dihilangkan, maka upaya yang dilakukan berbagai pihak akan tetap sia-sia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya