Steve Jobs Sebut Bau Putrinya Seperti Toilet

Steve Jobs dan iPhone.
Sumber :
  • designbolts.com

VIVA – Putri mendiang Steve Jobs, Lisa Brennan Jobs mengaku pernah tidak diakui sebagai anak oleh sang ayah. Lisa mengungkapkan ketidakharmonisan hubungannya dengan sang ayah di dalam bukunya yang berjudul 'Small Fry'.

Arti 'i' Kecil dari kata iPhone

Dikutip dari laman New York Post, Minggu 5 Agustus 2018, Lisa lahir pada 1987 hasil cinta dari Jobs dengan ibunya, Brennan. Saat berpisah dengan pendiri Apple itu, Brennan sedang mengandung Lisa.

Awalnya, Jobs tidak mau mengakui Lisa sebagai anaknya, namun pengadilan memerintahkan Jobs untuk melakukan tes paternitas (DNA). Walaupun Lisa sudah terbukti anaknya, Jobs baru mengakuinya sebaga buah hatinya, setelah Lisa berusia sembilan tahun.

Kritik iPhone 15, Warganet: Inovasi Apple Mati Bersama Steve Jobs

Namun, hubungan ayah dan anak itu tidak kunjung membaik. Bahkan, sampai Jobs menghembuskan nafas terakhir. Dalam kutipan buku yang dipublikasikan oleh Vanity Fair, Lisa terngiang-ngiang ucapan ayahnya saat sedang sekarat.

Kala itu, Jobs menderita kanker pankreas dan Lisa mengunjunginya. Lisa memakai parfum yang ada di kamar mandi ruangan ayahnya di rawat. Namun, parfum tersebut membuat Jobs merasa Lisa seperti 'bau toilet'.

Tulisan Tangan Steve Jobs Terjual Rp2,6 Miliar

Menurut Lisa, ucapan kasar Jobs memang sudah biasa terlontar. Jobs seolah merasa malu atas kehadiran anaknya itu.

Steve yang dikarunia tiga anak dari istrinya Laurene Powell, juga pernah membantah nama The Lisa sebagai salah satu komputer Apple yang pertama. Secara langsung Lisa pun pernah bertanya saat usianya menginjak SMA terkait The Lisa yang diambil dari namanya.

"Bukan nak, maaf," jawab Jobs.

Namun di lain kesempatan, saat Bono, rekan Jobs yang juga vokalis band U2, pernah juga bertanya mengenai The Lisa. Bono menanyakan hal tersebut saat mereka ada di kapal Yacht. Namun jawabannya berbeda.

"Iya, itu diambil dari nama anakku," ucap Jobs.

Itu untuk pertama kalinya Lisa mendengar ungkapan Jobs yang kemudian membuatnya kebingungan, entah mana yang benar.

Dalam Small Fry, terungkap jika Lisa juga pernah mendapat ungkapan kasar lainnya dari mendiang ayah. Itu terjadi ketika ia meminta mobil Porsche bekas dari ayahnya. Sebelumnya Lisa pernah mendengar kabar jika Jobs kerap membeli mobil baru saat yang lama tak lagi enak dilihat. Bahkan dia pernah membeli mobil baru ketika hanya ada goresan di mobil yang lama.

Lisa pun meminta kepada Jobs untuk memberikan Porsche lamanya jika sudah tidak digunakan lagi. Namun jawaban Jobs malah membuat putrinya tercekat kaget.

"Kau tidak akan mendapat apapun, paham? Tidak ada," jawabnya.

Meski mendapat perlakuan kasar, Lisa beruntung karena DNA mempertegas dia sebagai anak kandung Jobs. Pengadilan mengharuskan Jobs memberi tunjangan anak sebesar US$385 per bulan atau sekitar Rp5,6 juta. Kemudian meningkat menjadi US$500 atau sekitar Rp7 juta, sampai Lisa berusia 18 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya