Fitur Kencan Facebook Bocor, Begini Penampakannya

Sosial media Facebook
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau

VIVA – Rumor Facebook akan menghadirkan fitur kencan Facebook Dating terus berhembus kencang. Fitur ini memang belum siap diluncurkan ke publik, namun sejumlah karyawan internal Facebook sedang mengujinya. Pada Mei lalu saat konferensi tahunan F8, Facebook memberi pra-ulasan fitur tersebut. 

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Dikutip dari laman TechCrunch, Minggu 5 Agustus 2018, tangkapan layar Facebook Dating yang sedang diuji orang dalam Facebook itu, bocor ke publik. 

Desain fitur kencan Facebook itu terkesan dewasa, cocok untuk mereka yang mencari pasangan serius. Ketika ada yang mengaktifkan fitur tersebut, hanya pengguna yang menggunakan fitur tersebut yang dapat mengetahuinya.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Privasi pengguna diakui terjamin dalam penggunaan fitur tersebut. Pengguna yang berkencan tidak dibagikan di beranda pengguna. 

Cara fitur tersebut bekerja adalah dengan adanya persetujuan dari kedua pengguna. Setelah adanya persetujuan, mereka dapat saling berkenalan melalui Messenger, pesan SMS, sampai WhatsApp. Facebook akan mencocokkan pasangan berdasarkan profil pengguna.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Saat ini, Facebook sedang berupaya mencegah munculnya spam dalam fitur ini. Media sosial yang didirikan Mark Zuckerberg ini juga akan membatasi berapa banyak orang yang mengekspresikan ketertarikannya pada lawan jenis dalam fitur ini. 

Dalam uji coba, jika seorang memblokir teman pada fitur Facebook Dating, tak lantas memblokir teman tersebut pada Facebook. 

Untuk saat ini, fitur tersebut tidak akan tersedia dengan versi premium atau berbayar. Semua pengguna dapat memanfaatkannya secara gratis. Facebook Dating juga 'masih' bebas dari iklan. 

Untuk Amerika Serikat, peraturan fitur tersebut hanya dapat digunakan untuk usia 18 tahun ke atas. Sedangkan untuk negara lainnya akan menyesuaikan dengan peraturan negara masing-masing, tentu bagi pengguna yang sudah dianggap dewasa. 

Untuk meluncurkannya ke publik, Facebook sangatlah berhati-hati. Perusahaan media sosial ini berharap fitur kencan ini dapat menciptakan hubungan yang bermakna, dan membuat orang-orang menghargai Facebook.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya