Bill Gates Larang Anaknya Pakai Ponsel, Alasannya Mengkhawatirkan

Bill Gates Bagikan 100.000 anak ayam
Bill Gates Bagikan 100.000 anak ayam
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVA – Para petinggi teknologi ternyata punya aturan pribadi yang berlawanan dengan kebanyakan konsumen teknologi. Saat kebanyakan pengguna teknologi cenderung kecanduan dengan perangkat mobile mereka, justru petinggi teknologi malah punya sikap yang berkebalikan.

Laporan Nick Bilton dalam New York Times pada 2014 bisa menjadi bukti. Pendiri Apple, Steve Jobs mengaku kepada BIlton, tidak mengizinkan anaknya untuk menggunakan iPad dan produk lain yang ditemukan Jobs. Kepada Bilton, Jobs menegaskan, anaknya memang sudah tepat tak menggunakan perangkat yang ia temukan. 

"Kami membatasi bagaimana teknologi yang digunakan anak-anak kami di rumah," ujar Jobs kepada Bilton, dikutip dari Populer Science, Senin 6 Agustus 2018.

Sikap defensif itu juga dikuatkan oleh penulis biografi Steve Jobs, Walter Isaacson. Dia mengungkapkan, belum waktunya Jobs mengizinkan anak-anak untuk menggunakan produk buatannya. 

Isaacson mengisahkan, pada saat makan malam, tidak ada satupun anggota keluarga Jobs yang memegang ponsel. 

"Anak-anak Jobs tak terlihat kecanduan pada semua perangkat," jelas Isaacson. 

Pendiri Microsoft, Bill Gates juga punya sikap yang sama dengan Jobs. Pada 2017, Gates mengungkapkan, dia membatasi buah hatinya dengan seenaknya menggunakan produk teknologi. Gates memiliki peraturan penggunaan teknologi pada ketiga anaknya.