Matikan Lampu Malam Ini, Bisa Lihat 4 Planet Berjajar Kasat Mata

Pemandangan gugusan Bima Sakti atau Milky Way saat malam
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA – Malam ini jangan tinggalkan penampakan di langit pada Malam Langit Gelap. Pada Senin, 6 Agustus 2018, pukul 20.00-21.00 waktu setempat, bersama-sama jika kita mematikan lampu luar untuk meminimalisir polusi cahaya, maka punya kesempatan menikmati pemandangan indah di langit. 

Indonesia Mengalami Ekuiluks, Wilayah Ini yang Pertama Merasakan

Pada kegelapan malam ini tanpa polusi cahaya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menuliskan, masyarakat bisa menyaksikan empat planet berjajar dari barat ke timur, yakni Venus, Jupiter, Saturnus dan Mars. 

Selain itu, di atas kepala pengamat, membentang Galaksi Bimasakti. Penampakan lain yang bisa dinikmati, beberapa rasi bintang terkenal yakni Scorpio (Kalajengking) Cygnus (Angsa) dan Crux (Salib Selatan). Ada juga penampakan Segi Tiga Musim Panas (Vega-Altair -Deneb), serta beberapa hujan meteor.

Sebentar Lagi Indonesia Alami Fenomena Ekuiluks

Dalam kondisi minim cahaya ataupun tanpa cahaya, Kepala LAPAN Thomas menyebutkan, masyarakat dapat melihat galaksi dan planet-planet yang dekat dengan bumi secara kasat mata. 

"Daerah yang jauh dari polusi cahaya, sangat cocok untuk menikmati Hari Antariksa. Seperti Desa Timau di Nusa Tenggara Timur, Garut, dan Sumedang. Masih cukup bagus untuk pengamatan," ujar Thomas kepada VIVA, kemarin.

Puncak Hujan Meteor Quadrantid Terjadi Sebelum Subuh

Malam Langit Gelap merupakan kampanye memperingati Hari Antariksa yang diperingati setiap 6 Agustus, Thomas mengajak kepada masyarakat Indonesia untuk turut menyambut Hari Antariksa itu melalui 'Malam Langit Gelap'.

Malam Langit Gelap diperingati setiap tanggal 6 Agustus sebagai momentum sejarah diperingatinya hari lahirnya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya