Google Doodle Tampilkan Ibnu Sina, Ilmuwan Muslim Pakar Kedokteran

Ibnu Sina tampil di Google Doodle.
Sumber :
  • Google Doodle

VIVA – Google Doodle merayakan hari jadi penulis buku "The Canon of Medicine" dan ilmuwan Muslim jenius, Ibnu Sina. Selama hidupnya ia dikenal tak hanya sebagai seorang dokter tetapi juga filsuf atau ahli filsafat.

Khazanah: Ibnu Sina, Filsuf Berjuluk Bapak Kedokteran Modern

Ibnu Sina, yang artinya Putra dari Sina, lahir pada 980 di Afsana, Uzbekistan. Ia dijuluki polymath atau manusia dengan berbagai kecerdasan. Terlebih, ketika tokoh yang memiliki nama Barat, Avicenna, ini lahir di zaman keemasan Islam.

Mengutip situs Express, Rabu, 8 Agustus 2018, kecerdasannya sudah terlihat sejak usia 10 tahun. Saat itu, Ibnu Sina mampu menghafal Alquran dan sudah belajar kedokteran pada usia 13 tahun.

Tampilkan Kotak Suara, Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Tak heran jika Ibnu Sina mampu menguasai berbagai bidang seperti matematika, fisika, kedokteran, dan juga filsafat. Saat berusia 16 tahun, ia menjadi ahli di bidang metafisika dan logika.

Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle, Ini Sosoknya

Kemudian, menginjak umur 21 tahun, Ibnu Sina mulai menulis karyanya, Al Qanun fil-Tibb atau The Canon of Medicine. Tulisan tersebut dibagi menjadi lima teks. Pertama, gambaran umum prinsip medis dan anatomi tubuh manusia, serta prosedur terapi standar.

Kedua, berisi zat medis yang diatur secara alfabet dan membahas mengenai sifat dan kualitas obat. Ketiga, mengenai diagnosis dan perawatan dari penyakit khusus pada bagian tubuh manusia.

Keempat, memperbesar dan mengeksplorasi penyakit tidak pada satu bagian saja, termasuk mengenai obesitas dan gigitan. Kelima atau terakhir, mengenai data obat majemuk.

Tulisan-tulisan ini menjadi sangat berpengaruh dan digunakan pada bidang medis di Eropa pada 1600-an. Selama hidupnya, Ibnu Sina telah menulis lebih dari 100 tulisan. Ia wafat di usianya ke-57 tahun di Hamadan, Iran, pada 1037.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya