Ahli Teori Konspirasi Belum Diblokir Twitter, Alasannya Begini

Ahli teori konspirasi, Alex Jones.
Sumber :
  • Instagram/@real_alexjones

VIVA – Twitter akhirnya angkat suara kenapa masih mempertahankan akun ahli teori konspirasi, Alex Jones. Perusahaan media sosial itu berdalih, jika pengguna tidak mengganggu pengguna lain dengan mention-nya, maka perusahaan tidak akan menghapus akun tersebut. 

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

"Kami melarang perilaku yang menargetkan pelecehan, ancaman atau menggunakan rasa takut untuk membungkam orang lain dan mengambil tindakan yang melanggar kebijakan kami. Jika individual tidak ditargetkan (contohnya mention, tagged foto), kami mengizinkan berbagai konten asal tidak melewati batas kekerasan," tulis Twitter dikutip dari laman Engadget, Rabu 8 Agustus 2018. 

Kemungkinan Twitter tidak menghapus akun Jones karena ia tidak menggunakan mention saat memosting soal orang tua yang anaknya terbunuh saat peristiwa penembakan terjadi. Jones diketahui telah menggaungkan teori konspirasi mengenai penembakan sekolah Sandy Hook yang tidak pernah terjadi.

Masih Banyak yang Tak Percaya, Saksi Mata yang Lihat Kate Middleton Buka Suara

Tak hanya itu, Jones juga menyiarkan mengenai sosok Robert Mueller, penasihat khusus AS yang menyelidiki koneksi Presiden Donald Trump ke Rusia. Ia berkhayal telah menembaknya sambil mengacungkan pistol, dan menuduhnya pedofilia tanpa bukti yang jelas.

Bos Twitter, Jack Dorsey juga angkat bicara soal Jones. Dia mengatakan, perusahaan akan memperlakukan Jones sama dengan setiap akun penggunanya. 

Diduga Sebar Hoax, Pemilik Akun Connie Rakundini Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

"Tidak akan menggunakan satu tindakan yang membuat kami merasa bangga pada waktu singkat dan menambahkan masalah untuk teori konspirasi baru," tulis Dorsey dalam akun Twitter. 

Dia melanjutkan, sudah menjadi tugas jurnalis untuk mendokumentasi, validasi hingga membantah suatu informasi tertentu termasuk informasi yang disebarkan Jones. 

Twitter tak mengikuti jejak platform lain yang sudah memblokir Alex Jones. YouTube, Facebook, dan Apple sama-sama menghapus akun milik ahli teori konspirasi itu. Pada pekan pertama Agustus, YouTube juga telah menghapus empat video dari saluran InfoWars yang pelanggarannya mirip dengan ada yang di Facebook.

Terbaru situs porno terkenal melakukan hal yang sama. Keempat perusahaan tersebut menyatakan postingan Alex Jones dapat menimbulkan efek berbahaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya